KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



Keterampilan Negosiasi Perlu Dikuasai Para Aparatur

  • Senin, 24 Februari 2020
top news image

(24/02/20) Pusat Pengembangan SDM Aparatur (PPSDMA) hari ini Senin (24/02) membuka Pelatihan Keterampilan Negosiasi (Negotiation Skill) Angkatan 1 dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan bernegosiasi para aparatur KESDM di Aula Wisma PPSDMA. Pelatihan yang akan berlangsung selama lima hari (24-28 Februari) diikuti 15 orang para aparatur.

Muhamad Adis, Kabid Penyelenggaraan Diklat, dalam sambutannya menyampaikan negosiasi merupakan bagian penting dalam kehidupan manusia agar dapat bertahan dalam kehidupan sehari-hari baik dalam dunia bisnis maupun dalam kehidupan lain. “Negosiasi adalah bagian penting dalam kehidupan sehari-hari supaya kita dapat bertahan baik dalam dunia bisnis dan juga dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Ia juga menyatakan Indonesia adalah negara yang dilirik para investor dan tentunya para negosiator kita harus dibekali keterampilan negosiasi agar dapat menjalin kesepakatan dan kerjasama dengan negara-negara lain.  “Indonesia adalah negara yang saat ini sangat diminati oleh para investor dari negara lain, oleh karena itu para negosiator kita perlu dibekali keterampilan negosiasi yang baik agar mereka dapat menjalin kerjasama dan kesepakatan yang saling menguntungkan dengan negara-negara lain,” paparnya.

Adis juga melanjutkan negosiasi merupakan usaha yang dilakukan untuk mencapai kesepakatan dengan pihak lawan untuk mencapai tujuan. “Negosiasi adalah usaha yang dilakukan oleh para negosiator untuk mencapai tujuan dan kesepakatan dengan pihak lain,” imbuhnya.  

Mata diklat yang diajarkan dalam pelatihan ini mencakup: proposal negosiasi, teknik negosiasi, simulasi negosiasi dan kesepahaman dan kesepakatan dalam bernegosiasi. (DA)