KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



Aparatur KESDM Harus Memiliki Kemampuan Presentasi Dalam Bahasa Inggris Yang Baik dan Efektif Untuk Menunjang Tugas

  • Senin, 01 Februari 2021
top news image

(01/02/21) Sadar akan pentingnya kemampuan dan keterampilan presentasi dalam Bahasa Inggris dengan baik dan efektif bagi para aparatur, para aparatur KESDM yang berjumlah 20 orang dari berbagai satker/unit mengikuti Pelatihan English for Presentation Skills Batch 1. Pelatihan yang diselengarakan oleh PPSDM Aparatur KESDM dan bekerja sama dengan TBI dibuka hari ini 1 Februari – 8 Februari (8 hari) secara virtual melalui aplikasi zoom meeting.

Pelatihan bagaimana cara menyajikan materi dalam bahasa Ingris ini bertujuan untuk menyusun dan membawakan suatu presentasi secara efektif mulai dari merencanakan sampai dengan menyelengarakan dengan bahasa Ingris serta hal-hal khusus yang perlu diperhatikan dalam suatu presentasi.

Koordinator Pelatihan dan Sarpras, M. Adis, yang membuka kegiatan menyatakan presentasi merupakan bagian yang penting dalam kehidupan di dunia ASN dan swasta untuk menunjang karirnya. “Presentasi saat ini sudah merupakan bagian yang penting dalam kehidupan, baik di kalangan swasta maupun Aparatur Sipil Negara sebagai aset penting untuk menunjang jalur karir,” ujarnya.

Ia juga menambahkan presentasi juga merupakan bentuk komunikasi yang tangguh untuk penyampaian ide, konsep dan informasi terkait apa saja baik mengenai barang dan juga jasa. “Presentasi juga merupakan alat komunikasi yang handal untuk menyampaikan ide, konsep dan informasi mengenai apa saja yang menjadi tangun jawabnya baik itu barang maupun jasa,”” tegas nya.

Pria asli Sunda ini juga menjelaskan presentasi yang baik dapat menunjukkan kemampuan dan cara berfikir seseorang dalam cara berpresentasi kepada para audience. “Kemampuan presentasi yang baik dari seorang presenter akan dapat menunjukkan kemampuan, kecerdasan dan cara berfikir dari orang tersebut,” imbuhnya.

Pelatihan yang diselingi 2 hari off ini menggunakan aplikasi SMILE (Smart Way in Learning) untuk mengakses modul pembelajaran. SMILE adalah aplikasi pembelajaran PPSDMA yang menggunakan metode blended learning system dan dapat diakses di mana saja, kapan saja dan dengan piranti apa saja.