KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR

Nia Kurniawati, S,Sos



Mengasah Keterampilan Membaca

  • Selasa, 22 Agustus 2023
top news image

Membaca merupakan proses interaksi antara pembaca dan materi dimana semua pengetahuan pengetahuan skematis dimana semua pengetahuan skematis berinteraksi  dengan semua faktor sosial dan kontekstual pembaca. Keterampilan membaca adalah adalah kemampuan seseorang membaca, memahami dan menafsirkan kata-kata tertulis pada halaman artikel atau bahan bacaan lainnya.

Ada 3 kegiatan dalam mengasah keterampilan membaca yaitu, Recording, decoding, dan meaning. Recording merujuk pada kata-kata dan kalimat, kemudian mengasosiasikannya dengan bunyi-bunyi yang sesuai dengan sistem tulisan yang digunakan. Decoding yaitu merujuk pada proses penerjemahan rangkaian grafis ke dalam kata-kata. Dan meaning merupakan proses memahami makna yang berlangsung dari tingkat pemahaman, pemahaman interpretatif, kreatif, dan evaluatif.

Dalam proses membaca secara keseluruhan yang sangat kompleks melibatkan, ingatan, pengalaman, otak, pengetahuan, kemampuan bahasa, keadaan psikologis dan emosional, serta pancaindra melalui mata.

Adapun Tujuan membaca untuk memperoleh perincian-perincian dan fakta, untuk mendapatkan ide dan referensi, membaca untuk menyimpulkan, menilai, membandingkan data-data.

            Teknik membaca dalam mengembangkan kecepatan efektif membaca ada Skimming, Scanning, Selecting, Skipping.

1.     Skimming merupakan teknik membaca dengan mengambil inti sari atau ide pokok tentang suatu hal, keahlian untuk memahami konteks akan suatu paragraf secara keseluruhan membutuhkan keterampilan khusus yang disebut skimming.

Langkah-langkah skimming antara lain baca judul, sub judul, dan subheading untuk mencari tahu apa yang dibicarakan dalam teks tersebut, lalu perhatikan ilustrasi agar mendapatkan informasi lebih jauh tentang topik tersebut. Baca awal dan akhir kalimat dalam setiap paragraf. Jangan membaca kata per kata, biarkan mata anda melakukan skimming kulit luar sebuah teks.

Tujuan skimming untuk mengenali topik bacaan (sinopsis), untuk mengetahui pendapat orang lain (kesimpulan), untuk mendapatkan bagian penting yang kita perlukan untuk tanpa membaca secara keseluruhan, untuk mengetahui organisasi penulisan, dan tinjau balik penyegaran materi yang pernah dibaca.

2.     Scanning merupakan teknik membaca cepat dan teliti. Jenis teknik ini bertujuan untuk memperoleh fakta atau informasi tertentu, tekniknya adalah membaca cepat dengan meloncat-loncat pada bagian yang dirasa penting. selain itu pembaca harus melibatkan daya imajinasi sehingga pembaca tetap dalam kondisi memahami isi bacaan.

Langkah membaca scanning:

a.      Menggerakkan mata seperti anak panah langsung meluncur ke bawah menemukan informasi yang telah ditetapkan

b.     Setelah ditemukan kecepatan diperlambat untuk menemukan keterangan lengkap dari informasi yang dicari.

c.      Pembaca dituntut memiliki pemahaman yang baik berkaitan dengan karakteristik yang dibaca

3.     Selecting biasa disebut teknik baca-pilih, teknik membaca selecting cukup terbilang sangat mengutamakan kebutuhan, artinya memilih teks dan bagiannya yang dibaca berdasarkan pada kebutuhan. Teknik ini biasanya dilakukan sebelum membaca, misalnya membaca judul berita di koran.

4.     Skipping adalah teknik membaca yang mengabaikan atau melompati bagian yang tidak diperlukan atau bagian yang sudah dimengerti, jika tulisan yang dibaca tidak relevan dengan keinginan maka diabaikan.

Agar kemampuan membaca kita terus meningkat bisa dilakukan teknik-teknik dalam mengasah keterampilan membaca kita seperti sudah dituliskan diatas.

 

Penyusun  : Nia Kurniawati, S.Sos

Instansi     : PPSDM Aparatur