KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



CREATIVE AND INNOVATIVE THINKING (Agus Mulyana)

  • Jumat, 24 Juni 2022
top news image

Kreativitas semakin mendapat perhatian selama beberapa dekade terakhir. Itu dipandang sebagai sesuatu yang berharga, aset bagi individu dalam penyelesaian masalah sehari-hari dan karier profesional mereka. Organisasi mencari ide-ide kreatif untuk meningkatkan diri dan tetap kompetitif. Masyarakat mendapat manfaat dari kreativitas dalam hal perbaikan sosial dan teknis dalam kualitas hidup dan pengembangan budaya. Peringkat survei terbaru kreativitas di antara karakteristik yang paling dicari; misalnya, survei IBM di seluruh dunia tentang 1541 CEO di enam puluh negara dan tiga puluh tiga industri besar menemukan kreativitas sebagai kemampuan yang paling berharga untuk mangejar puncak masa depan.

  1. Survei Adobe 2000 guru dan 2000 orang tua di Amerika Serikat, Inggris, Jerman, dan Australia menemukan kreativitas sebagai tujuan pendidikan yang sangat diinginkan.

  2. Kreativitas adalah salah satu dari empat kunci “keterampilan abad 21”, bersama dengan pemikiran kritis, kolaborasi, dan komunikasi. Kreativitas dapat didefinisikan sebagai kemampuan untuk menghasilkan karya asli yang sesuai dengan konteks dan menanggapi kendala tugas. 

  3. Dibandingkan dengan klasik intelijen, yang berfokus pada kemampuan analitik, pengetahuan, dan resolusi ahli dari masalah yang sudah dikenal dengan solusi yang diketahui, kreativitas menyangkut menghasilkan ide dan perilaku yang sebelumnya tidak dikenal dalam situasi baru atau memperlakukan situasi yang akrab dengan cara baru. Sedangkan kemampuan intelektual biasanya menghasilkan keberhasilan akademis, kemampuan kreatif paling baik dimanifestasikan prestasi unik, diakui sebagai berharga dalam konteks berbasis domain.

Kreativitas mencerminkan pemikiran divergen yaitu kemampuan atau skil yang dapat menghasilkan atau menyelesaikan suatu masalah yang beragam. Kreativitas bisa digunakan dalam menentukan hasil belajar, semua makhluk hidup memiliki kreatifitas, dan untuk mendapatkan orang yang demikian perlu adanya latihan dan bimbingan dari orang tua atau pun guru. Kata kreativitas dalam bahasa inggris adalah “create” berarti mengadakan sesuatu yang sebelumnya tidak ada. Jadi, seseorang dapat ”menciptakan kekacauan”. Artinya seseorang membuat sesuatu kekacauan yang sebelumnya tidak ada. 5 Sedangkan kreativitas menurut kamus besar bahasa Indonesia berasal dari kata dasar kreatif, yaitu memiliki kemampuan untuk menciptakan sesuatu.

Kreativitas sendiri memiliki arti kemampuan untuk menciptakan atau menemukan sesuatu yang baru yang berbeda dengan sebelumnya.Kreativitas merupakan kemampuan interaksi antara individu dan lingkungannya. Seseorang mempengaruhi dan dipengaruhi oleh lingkungan dimana ia berada, dengan demikian perubahan didalam individu maupun didalam lingkungan dapat menunjang atau dapat menghambat upaya kreatif. Salah satu konsep yang amat penting dalam bidang kreativitas adalah hubungan antara kreativitas dan aktualisasi diri.Menurut psikologi humanistik, Abraham Maslow dan Carl Rogers menyatakan bahwa seseorang mengaktualisasikan dirinya apabila seseorang menggunakan semua bakat dan talentanya untuk menjadi apa yang ia mampu menjadikan, mengaktualisasikan, atau mewujudkan potensinya dirinya. 

Innovation

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, innovation / inovasi adalah:

  • inovasi/ino·va·si/ n 1 pemasukan atau pengenalan hal-hal yang baru; 2 penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya (gagasan, metode, atau alat);

  • menginovasikan/meng·i·no·va·si·kan/ v menampilkan sesuatu yang baru;

Menurut Merriam Webster DictionaryInnovation adalah:

  • berinovasi

  • melakukan sesuatu dengan cara baru

  • memiliki ide baru tentang bagaimana sesuatu bisa dilakukan

Menurut Maranville S, Entrepreneurship in the Business Curriculum (1992); Frankelius, Questioning Two Myths in Innovation Literature (2009), Innovation adalah:

Inovasi adalah penerapan solusi yang lebih baik yang memenuhi persyaratan baru, kebutuhan yang diartikulasikan, atau kebutuhan pasar yang ada. Inovasi dicapai melalui produk, proses, layanan, teknologi, atau ide yang lebih efektif yang tersedia untuk pasar, pemerintah, dan masyarakat. Istilah inovasi dapat diartikan sebagai sesuatu yang orisinal dan (sebagai konsekuensinya) baru, yang “menerobos” pasar atau masyarakat. Definisi yang konsisten dengan aspek ini adalah: “Inovasi adalah sesuatu yang orisinal, baru, dan penting dalam bidang apa pun yang masuk ke pasar atau masyarakat.”

Menurut Watss Humprey, inovasi adalah proses mengubah ide menjadi bentuk yang dapat diproduksi dan dipasarkan.

Kata kunci yang dapat dirangkum dari definisi inovasi adalah:

  • Sesuatu yang orisinil

  • Baru

  • Penting

  • Laku di pasar / diterima masyarakat

  • Bisa diproduksi massal


Inovasi dalam bentuk produk yang bisa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari saat ini contohnya Youtube dan Zoom. Inovasi untuk layanan jasa contohnya penerbangan low budget Air Asia dan Southwest.

Inovasi tidak selalu berarti menciptakan barang baru, tetapi lebih identik dengan upaya mengubah atau menggabungkan benda atau cara yang sudah ada menjadi sesuatu yang LEBIH BERNILAI. Penemuan adalah membuat sesuatu yang sebelumnya tidak ada atau tidak dikenal.

Hubungan inovasi (innovation) dengan penemuan (invention):

INNOVATION = INVENTION + EXPLOITATION
Inovasi adalah penemuan yang dieksploitasi atau dikomersialisasi.

Penemuan (invention), tidak hanya asal menciptakan sesuatu yang belum pernah ada sebelumnya, tetapi juga arus bermanfaat bagi orang banyak dan dapat diproduksi. Inovasi (innovation), proses memperkenalkan dan menciptakan sesuatu yang baru, bisa saja mengambil satu penemuan dan memperbaikinya, menjual kepada konsumen, mempopulerkan dan mengambil manfaat lebih daripada penemuan orisinal (invention)-nya.

Inovasi (innovation) dan penemuan (invention) adalah hasil kreativitas, yaitu hasil dari melihat apa yang semua orang bisa lihat tetapi berpikir dengan cara yang tidak orang lain pikirkan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, “kreativitas adalah kemampuan untuk mencipta, daya cipta, perihal berkreasi”. Tidak jauh berbeda, Merriam Webster Dictionary menyebutkan bahwa “kemampuan untuk membuat hal-hal baru atau memikirkan ide-ide baru”. Beberapa ahli mendefinisikan kreativitas sebagai:

  • ‘kemampuan untuk memecahkan masalah dan membentuk produk serta mengajukan pertanyaan baru’ (Gardner 1993);

  • ‘keadaan pikiran di mana semua kecerdasan kita bekerja bersama’ (Lucas 2001);

  • ‘proses imajinatif dengan hasil yang asli dan bernilai’ (Robinson 2001);

  • kreativitas dicirikan oleh ‘kebaruan, efektivitas dan kelayakan’ (Cropley 2002).

  • Untuk menjadi kreatif, suatu tindakan, ide atau produk ‘harus baru dan harus diberi nilai oleh beberapa kriteria eksternal’ (Gruber & Wallace 1999).

Keseragaman tak selalu salah. Namun, kreativitas adalah tentang kemampuan untuk menjadi berbeda, yang dimulai dari pikiran. Kreativitas adalah mampu dan mau berpikir berbeda dari orang kebanyakan. Kreativitas adalah dapat melihat sesuatu yang tak dapat dilihat oleh orang lain, termasuk di dalamnya peluang yang tak terpikir oleh orang kebanyakan. Kreativitas adalah keterampilan yang dalam proses penciptaan sesuatu yang baru, yang bermanfaat, yang menyelesaikan persoalan-persoalan di masyarakat.

Kreativitas adalah berpikir baru, sedangkan inovasi melakukan hal baru. Untuk bisa inovatif, kita harus kreatif. Kreativitas terbatas pada “berpikir”, inovasi sudah sampai pada taraf “bertindak”.

Kreativitas adalah keterampilan, inovasi adalah proses. Kreativitas adalah keterampilan yang digunakan selama proses inovasi, dalam berbagai cara untuk mencapai keberhasilan menciptakan sesuatu yang baru.