KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



BPSDM ESDM Komitmen Tingkatkan keterampilan komunikasi para asn KESDM

  • Senin, 04 Juli 2022
top news image

Keterampilan komunikasi secara efektif harus dimiliki dan dikuasai para ASN di lingkungan KESDM.

 

Menyikapi hal tersebut, BPSDM ESDM via PPSDM Aparatur menggelar seminar Talk and Fun KESDM seri ke -2 kemarin Jumat (1/07) yang diadakan secara hybrid di PPSDM Migas, Cepu. Tema yang diangkat adalah effective communication.

 

Seminar dihadiri oleh ratusan peserta yang hadir melalui zoom dan yang hadir secara luring.

 

Seminar Talk and fun yang diselenggarakan di Cepu merupakan seri ke-2 dari beberapa seri seminar keterampilan komunikasi yang akan diadakan PPSDMA.

 

Kepala BPSDM ESDM, Prahoro Yulianto Nurtjahjo dalam sambutan pembukaannya, menyatakan keterampilan komunikasi harus dikuasai para Aparatur KESDM. "Keterampilan komunikasi harus dikuasai para Aparatur KESDM," ujarnya di hadapan para peserta seminar.

 

Ia juga menambahkan ada tiga hal yang harus dikuasai para aparatur, yaitu knowledge, practice and talent. "Ada tiga aspek yang harus dimiliki para Aparatur KESDM, yaitu knowledge, practice dan talent untuk pengembangan diri," imbuhnya.

 

Narasumber seminar talk and fun, Ajeng Raviando, memaparkan beberapa aspek penting untuk menjadi seorang komunikator yang efektif, yaitu penguasaan kata-kata, suara dan visual (total look dan bahasa tubuh)

 

Ia juga menjelaskan pentingnya menggunakan struktur presentasi agar pembicaraan seorang komunikator dapat mudah difahami oleh komunikan.

"Komunikasi itu mempunyai struktur, yaitu adanya opening, content dan closing," ujarnya.

 

Seminar seri ke-2 yang bekerja sama dengan PPSDM Migas dan PEM Akamigas bertujuan untuk meningkatkan IP ASN KESDM dan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi para Aparatur KESDM.

 

Seminar diisi dengan praktik presentasi dari beberapa peserta dan para peserta mendapatkan feedback  dari para panelis dan fasilitator.

 

(DA)

Lainnya

image
PPSDM Aparatur Dorong Kompetensi ASN Kementerian ESDM dalam Pembuatan Kebijakan Publik Melalui Distance Learning

PPSDM Aparatur Dorong Kompetensi ASN Kementerian ESDM dalam Pembuatan Kebijakan Publik Melalui Distance Learning

  • Senin, 25 Oktober 2021
image
RUTINITAS PAGI SETIAP HARI JUMAT

  • Jumat, 20 Januari 2017