KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR

Tugas Belajar KESDM Tahun 2024

Tugas Belajar KESDM Tahun 2024

PEMBUKAAN BEASISWA DUKUNGAN TUGAS BELAJAR KEMENTERIAN ESDM TAHUN 2024


Program Tugas Belajar Kementerian ESDM Tahun 2024 telah dibuka!

Kementerian ESDM melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia ESDM kembali hadir memberikan kesempatan kepada seluruh Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian ESDM untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi melalui program master (S2) maupun Doktoral (S3) yaitu beasiswa melalui Tugas Belajar pada Universitas di Dalam Negeri dan Luar Negeri yang telah bekerja sama dengan KESDM. Adapun Bidang ditawarkan adalah Program Studi yang terkait Roadmap Net Zero Emission (NZE) seperti Geothermal, Hydrogen, RRE, Biomassa Program Studi mendukung antara lain Organization & Human Resources, Law.


Sobat energi dapat mengikuti Seleksi Program Tugas Belajar Kementerian ESDM Tahun 2024 dengan mekanisme sebagai berikut:

  1. Memenuhi seluruh persyaratan Calon Pegawai Tugas Belajar, yang meliputi:

    1. Calon Pegawai Tugas Belajar adalah PNS KESDM yang telah memenuhi kriteria persyaratan dan memilih program studi yang mendukung Roadmap NZE atau Organization & Human Resources.
    2. Persyaratan administrasi yaitu:
      1. Memiliki masa kerja paling singkat 1 (satu) tahun sejak diangkat sebagai PNS.
      2. Memiliki sisa masa kerja pegawai dengan mempertimbangkan masa Pendidikan dan masa ikatan dinas, dengan ketentuan paling kurang:
        • 3 (tiga) kali waktu normatif program studi sebelum batas usia pensiun jabatan, untuk tugas belajar yang diberhentikan dari jabatan
        • 2 (dua) kali waktu normatif program studi sebelum batas usia pensiun jabatan, untuk tugas belajar yang tidak diberhentikan dari jabatan
      3. Memiliki penilaian kinerja dalam 2 (dua) tahun terakhir paling rendah dengan predikat baik.
      4. Sehat jasmani dan rohani.
    3. Tidak sedang:
      1. dalam pemeriksaan pelanggaran disiplin dan/atau tindak pidana;
      2. menjalani pidana penjara atau kurungan dan/atau hukuman disiplin sedang atau hukuman disiplin berat; atau
      3. menjalani cuti di luar tanggungan negara dan/atau menjalani pemberhentian sementara sebagai PNS Kementerian;
      4. Mengajukan keberatan ke Badan Pertimbangan Kepegawaian atau upaya hukum ke pengadilan terkait dengan penjatuhan hukuman disiplin;
      5. Dalam proses perkara pidana;
      6. Melaksanakan Pendidikan tinggi lainnya;
      7. Menerima pembiayaan secara penuh Tugas Belajar dari sumber lain yang sah menurut peraturan perundang-undangan di bidang keuangan dan/atau Sponsor Tugas Belajar.
    4. Tidak pernah:
      1. dijatuhi hukuman disiplin paling kurang tingkat sedang dalam 1 (satu) tahun terakhir;
      2. dibatalkan atau dihentikan Tugas Belajarnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, dalam waktu 2 (dua) tahun terakhir untuk Tugas Belajar Biaya Mandiri
      3. Sama sekali dibatalkan atau dihentikan Tugas Belajarnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, untuk Tugas Belajar dengan pembiayaan dari APBN/Cost sharing/ sponsor
      4. menempuh jenjang Pendidikan atau Program Studi Pendidikan Tinggi yang sama dengan Jenjang Pendidikan atau Program Studi Pendidikan Tinggi yang akan diikuti.
    5. Menandatangani perjanjian terkait pemberian tugas belajar.

  2. Melengkapi seluruh persyaratan administrasi dan melakukan pendaftaran melalui aplikasi Ngantor yang dapat diakses pada pada modul SIPEG pada laman https://ngantor.esdm.go.id/. Dokumen persyaratan administrasi tersebut meliputi:

    1. Softcopy formulir Calon Pegawai Tugas Belajar yang ditandatangani di atas materai atau kertas segel oleh calon Pegawai Tugas Belajar dan atasan langsung paling rendah Pimpinan Tinggi Pratama.
    2. Softcopy surat pernyataan telah memenuhi syarat tugas belajar.
    3. Softcopy sertifikat kemampuan Bahasa Inggris dengan skor paling sedikit:
      • Pendaftar program Magister dalam negeri dan luar negeri, skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL PBT 550 atau TOEFL iBT® 80 atau PTE Academic 58 atau IELTS™ 6,5.
      • Pendaftar program Doktor dalam negeri dan luar negeri, skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL PBT 586, TOEFL iBT® 94 atau PTE Academic 65 atau IELTS™ 7,0.
      • Sertifikat TOEFL ITP atau IELTS™ yang berlaku harus berasal dari lembaga resmi penyelenggara tes TOEFL ITP berlisensi English Tutorial Service (ETS) atau IELTS™.
    4. Softcopy rencana program studi untuk Calon Pegawai Tugas Belajar program Magister (S2) dan program Doktor (S3) sesuai yang tercantum dalam formulir Calon Pegawai Tugas Belajar.
    5. Softcopy dokumen lainnya (SK PNS, SK Pangkat terakhir, SK Jabaran terakhir, Penilaian Kinerja 2 tahu terakhir paling rendah predikat baik, Ijazah dan Transkip Nilai Pendidikan terkahir) yang diakses melalui Dorsir yang sudah terklasifikasi pada aplikasi SIPEG

  3. Setelah lolos seleksi administrasi, akan diinformasikan kepada peserta seleksi tugas belajar dalam negeri untuk mengikuti Test Potensi Akademik di Bappenas, dengan skor yang telah ditentukan Universitas. Untuk Peserta seleksi tugas belajarr luar negeri akan langsung mengikuti seleksi wawancara.

  4. Setelah lolos seleksi, akan diinformasikan kepada peserta seleksi tugas belajar untuk mengikuti Seleksi Wawancara dan seleksi lainnya yang dibutuhkan Universitas.

Informasi lebih lebih lanjut jangat lewatkan web PPSDM dan dapat juga menghubungi Panitia Seleksi Tugas Belajar pada PPSDM Aparatur dan Biro SDM ESDM dengan menghubungi call center PPSDM Aparatur pada nomor: 0813-2144-4655 (Whatsapp) dan email: info.ppsdma@esdm.go.id.