KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



PRANCIS TERUS KEMBANGKAN ENERGI TERBARUKAN

  • Selasa, 29 Januari 2019
top news image

Hallo Selamat pagi , Smart People


(30/1/19) BPSDM-ESDM di awal tahun 2019 kembali menggelar One-Hour University dengan topik  “France’s Energy Policy For The Against Against Climate Change, dengan menghadirkan Dubes Prancis untuk Indonesia dan Timor Leste, Mr. Jean-Charles Berthonnete kemarin hari Selasa (29/1). Acara tersebut diselenggarakan di Aula BPSDM-EDM Jl. Gatot Subroto Jakarta Selatan, dan diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai kementerian dan lembaga.

Ia menjelaskan Prancis, terkait dengan perubahan iklim seperti kebakaran hutan dan kekeringan, melakukan peralihan eneri dari energi nuklir dengan mengembangkan energi terbarukan seperti angin, surya, bioenergi dan listrik hidro.

Dubes Prancis dalam sambutannya juga menyatakan bauran energi listrik terbesar Prancis terdiri  dari nuklir (72%), listrik hidro (12%), gas (7%) and wind (4 . “The main source of energy mix in France consists of nuclear at 72 %, hydroelectricity at 12%, gas 7% and wind 4 %,”  tegas sang dubes.

Lebih lanjut Dubes Prancis menyatakan sektor-sektor yang membebani sektor energi adalah transportasi sebanyak 31 %, kemudian perumahan 30%, industri sebanyak 19 %, sektor tersier sebanyak 17 % dan pertanian sebanyak 3 %.

Di akhir paparannya, dubes yang masih kelihatan energik ini menyatakan Pemerintah Prancis terus berusaha mengembangkan energi yang bebas dari karbon pada tahun 2015 dengan mengembangkan biomasa, energi panas dari energi terbarukan dan energi listrik yang bebas karbon. Ia menjelaskan untuk mencapai hal tersebut, Pemerintah Prancis menetapkan rencana jangka panjang dan langkah-langkah yang harus dilakukan dan membangun hubungan yang kondusif dengan melibatkan semua pemangku kepentingan yang dilakukan secara konsisten dan selalu belajar dengan berbagai pihak. (DA)

Lainnya

image
Wamen ESDM Tutup Secara Resmi Program Magang Tingkat Manajerial Sektor ESDM ASN KESDM 2019

Wamen ESDM Tutup Secara Resmi Program Magang Tingkat Manajerial Sektor ESDM ASN KESDM 2019

  • Selasa, 08 Oktober 2019