KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



Meriahkan Dekranas Expo 2024, Kementerian ESDM hadirkan Produk UMKM Binaan

  • Jumat, 17 Mei 2024
top news image

Kementerian ESDM berpartisipasi pada Dekranas Expo Tahun 2024 yang diselenggarakan selama 4 hari dari tanggal 15 s.d 18 Mei 2024 di Pamedan Pura Mangkunegaran, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Kegiatan ini merupakan salah satu agenda dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) ke-44 dengan mengusung tema “Tumbuh Bersama, Majukan Warisan Bangsa.”

 

Pemerintah kota Surakarta menyediakan 257 stand produk kerajinan Indonesia, stand kuliner Nusantara yang dapat dimanfaatkan oleh Kementerian/Lembaga, Dinas Koperasi UMKM, Perdagangan dan Perindustrian tingkat Provinsi/Kabupata/Kota Se Indonesia, SKPD/OPD terkait, Dekranas seluruh Indonesia, BUMN, BUMD, UMKM undangan dan Perusahaan Swasta Nasional. Berkolaborasi bersama Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian ESDM dan UKM binaan sektor energi untuk menampilkan berbagai produk dan jasa unggulan sebagai upaya menyukseskan gerakan bangga buatan Indonesia.

 

Dibuka secara resmi oleh ibu Negara Iriana Joko Widodo sebagai Pembina Umum Dekranas dengan ditandai pemukulan gong dan pemotongan tumpeng. Ibu Iriana berpesan agar para pengrajin terus meningkatkan kemampuannya melalui pelatihan-pelatihan sehingga produk yang dihasilkan semakin berkualitas. Hadir pula Ketua Umum Dekranas, Wuri Ma’aruf Amin, beliau menyampaikan bahwa selama 44 tahun dekranas menjadi tonggak dalam pengembangan kerajinan dan produk Indonesia untuk bisa diterima di mata internasional.

 

Pada kesempatan ini, Kementerian ESDM melakukan ceremonial serah terima motor yang telah dikonversi kepada Pemkot Surakarta pada tanggal 16 Mei 2024 dengan disaksikan oleh Ibu Menteri ESDM, Ibu Ratna Tasrif dan diserahkan oleh Kepala Biro Umum Setjen KESDM, Ibu Upik Jamil.

 

Booth KESDM menampilkan produk Kerajinan batu mulia/akik dari PPSDM Geominerba, Kerajinan tas ketak dari NTB, kerajinan bambu dari Klaten Jawa Tengah, kuliner khas Cepu berupa lontong opor Pak Pangat dan ayam bakar Mak Gogok, UMKM di bidang fashion binaan DWP KESDM yaitu DFR Cloth, Ainun Songket serta kerajinan Batik Solo dan terakhir terdapat kerajinan Bubutan. Selain itu Booth KESDM juga menyediakan informasi mengenai regulasi, kebijakan serta layanan yang ditawarkan Badan Layanan Usaha (BLU) Kementerian ESDM.

 

Antusias pengunjung cukup tinggi untuk melihat booth pameran Kementerian ESDM karena pengunjung dapat berpartisipasi dalam berbagai permainan serta kuis untuk mendapatkan souvenir menarik yang telah disediakan oleh beberapa unit kerja di Kementerian ESDM.