KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



Internalisasi Core Values ASN dalam Keseharian di KESDM

  • Selasa, 27 Juli 2021
top news image

Rabu 28 Juli 2021, PPSDMA baru saja menggelar webinar One Hour University (OHU)/Inspiration dengan pembicara Ari Ginanjar Agustian, motivator ternama yang juga  pendiri ESQ Leadership Center.

Mengambil tema “Internalisasi Nilai-Nilai Kementerian ESDM”, OHU yang digelar secara daring melalui Zoom dan juga ditayangkan langsung melalui YouTube Streaming ini bertujuan untuk merespons peluncuran Core Values "BerAKHLAK" dan Employer Branding Aparatur Sipil Negara (ASN) "Bangga Melayani Bangsa" oleh Presiden Joko Widodo, Selasa (27/7) lalu.

Dalam pidato pembukanya, Ka BPSDM, Prahoro Yulianto Nutjahjo berharap berharap, dalam webinar OHU ini para ASN Kementerian ESDM dapat mengeksplorasi lebih jauh terkait core values Kementerian ESDM.

"Kemarin Pak Presiden me-launching core values ASN, termasuk dengan employer branding. Sehari setelah itu kita langsung memberikan kesempatan untuk mengeksplorasi langsung dari ahlinya, yaitu Pak Ary. Saya berharap kesempatan kali ini kita dapat mengeksplorasi jauh lebih banyak lagi," ujar Prahoro.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan Ari Ginanjar seputar values yang ada di KESDM. Dalam paparannya, Ary mengatakan, bahwa organisasi sebesar Kementerian ESDM harus mampu membangun karakter dan kultur organisasi, sejalan dengan pembangunan sistem kerja.

"Kementerian ESDM adalah sebuah organisasi besar, instansi yang besar, kalau kita hanya membangun tembok saja, membangun struktur saja, tetapi tanpa membangun karakter, tanpa membangun kultur, ya nasibnya sama seperti Tembok Cina," tandasnya.

Menurut Ary, seluruh organisasi pasti memiliki visi, misi, tujuan, struktur, strategi, dan sistem. Namun, ketika eksekusi tidak terjadi sesuai harapan, maka yang salah adalah budaya kerja atau corporate culture-nya. Sebagian besar organisasi akan fokus memperbaiki struktur dan sistem tersebut, padahal yang semestinya diperbaiki adalah budaya kerjanya.

"Setelah Pak Presiden meluncurkan, semua instansi, semua ASN core values-nya satu, yaitu BerAKHLAK. Employer branding-nya apa? Semua harus "Bangga Melayani Bangsa," tegasnya.

Berlangsung selama nyaris 3 jam, acara yang dipandu oleh Ani Maliani, Widyaiswara Muda PPSDM Aparatur ini memperoleh sambutan yang luar biasa. Terlihat dari jumlah total peserta yang mencapai  1502 orang, dan menyaksikan acara ini melalui kanal YouTube maupun zoom.

Ary Ginanjar selaku pembicara amat  mengapresiasi langkah Kementerian ESDM, yang secara kilat langsung mengenalkan core values dan employer branding terbaru ini kepada para pegawai.

"Saya salut. Ini satu-satunya kementerian, tidak sampai 24 jam setelah Presiden mencanangkan ini, BerAKHLAK, kemudian Kementerian ESDM langsung meluncurkan programnya hari ini. Ini yang paling cepat mengenalkan core values," tutur Ary.

Ary juga mengatakan, bahwa setelah Presiden meluncurkan core values dan employer branding terbaru, maka seluruh instansi dan ASN harus mengimplementasikan hal yang sama. Nilai-nilai Kementerian ESDM yang sudah ditetapkan sejak tahun 2015 lalu, yaitu Jujur, Melayani, Profesional, Inovatif, dan Berarti, pun sudah termasuk dalam core values ASN terbaru. Bersamaan dengan itu, para ASN di Indonesia juga memiliki employer branding #BanggaMelayaniBangsa.