KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



Forum ASN Internasional, Mendukung Percepatan ASN KESDM Kelas Dunia di Tahun 2025

  • Senin, 27 September 2021
top news image

Arah Strategis Pembangunan Nasional 2020-2025 adalah mewujudkan Indonesia yang mandiri, maju, adil, dan makmur melalui percepatan pembangunan di berbagai bidang. Dan yang menjadi modalnya adalah dukungan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing.

Di lembaga-lembaga negara, seperti Kementerian dan Badan, perlu dilakukan peningkatan kualitas Aparatur Sipil Negara agar sesuai dengan arahan tersebut. Harapannya, ASN di Indonesia, khususnya di Kementerian ESDM, dapat menjadi ASN kelas dunia dan mendukung penuh percepatan pembangunan di bidang energi, sesuai Arah Strategis Pembangunan Nasional.

Untuk merealisasikannya, Kementerian ESDM perlu menjawab tantangan internal yang terjadi di dalam organisasinya. Melihat ketersediaan ASN dan menyesuaikannya dengen strategi yang diterapkan, menetapkan spesifikasi jabatan dan kualifikasi, membumikan core values BerAKHLAK yang baru ditetapkan, dan meningkatkan kesadaran SDM sebagai Human Capital dalam organisasi.

Selanjutnya, adalah mengisi GAP kompetensi. Mulai dari kompetensi teknis, manajerial, sociociltural, bahasa, hingga karakter. Dan untuk mewujudkannya, menjadi tantangan bagi manajemen SDM di lingkungan KESDM.

PPSDM Aparatur, sebagai bagian dari pengembangan SDM yang ada di KESDM harus sangat memahami, seperti apa ASN yang dikatakan berwawasan global, dan menyiapkan berbagai program untuk mengisi GAP kompetensi yang terjadi.

Untuk memberikan gambaran seputar ASN berkelas dunia, dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-20 BPSDM, PPSDM Aparatur bekerja sama dengan NCSA dan ASEAN menggelar Forum ASN Internasional pada tanggal 12 Oktober 2021.

 

Menghadirkan Ir Arifin Tasrim, Menteri ESDM sebagai keynote speaker, forum ini juga menghadirkan pembicara-pembicara berkualitas seperti Prahoro Yulidjanto Nurtjahyo, PhD (Kepala BPSDM KESDM), Aloysius  Budi (Chief of HCD Astra International), Puay Sze Lim (Director Leadership Development & International Relation, Public Service Division, Prime Minister’s Office, Singapore), Dr Andin Hadiyanto, MA (Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan), Rebecca Brown (Director General of Department of Job, Tourism, Science & Innovation, Government of Western Australia), dan Dr. Ir. Bima Haria Wibisana , MSIS (Kepala Badan Kepegawaian Negara).

Digelar secara hybrid, Forum ASN Internasional ini akan dipandu oleh Wahyu Wiwoho, sebagai MC/moderator. Dan untuk mengikuti kegiatan ini, tidak dipungut biaya. Silakan hubungi beberapa narahubung sebagai berikut melalui Whatsapp: Mr Ariraya (081-229-293-44), Ms Rini Rizanti (081-224-954-779), dan Mr Andika (087-862-390-242).

Masih dalam rangka peringatan Ulang Tahun ke-20 BPSDM KESDM, digelar juga kompetisi jurnal ilmiah untuk ASN di KESDM. Nantinya, pemenangnya berpeluang untuk dipublikasikan di jurnal terindeks Sinta.

Untuk registrasi dan penyerahan jurnal, sila klik forumasn.id.

Lainnya

image
Mencetak Influencer Penggerak Perubahan KESDM

Mencetak Influencer Penggerak Perubahan KESDM

  • Jumat, 17 September 2021
image
Perkuat Jajaran Fungsional Pranata Humas Kementerian ESDM, PPSDM Aparatur Gelar Bimtek

Perkuat Jajaran Fungsional Pranata Humas Kementerian ESDM, PPSDM Aparatur Gelar Bimtek

  • Jumat, 22 Oktober 2021