KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



WORKSHOP TOT LATIHAN DASAR UNTUK PENUHI KEBUTUHAN PENGAJAR LATSAR CPNS DI LINGKUNGAN KESDM

  • Selasa, 26 Januari 2021
top news image

(26/01/21) Guna memenuhi kebutuhan tenaga pengajar kegiatan latihan dasar (latsar) CPNS di lingkungan KESDM, PPSDM Aparatur mengadakan Workshop TOT Latsar secara virtual mulai hari ini (26/01) hingga besok 27 Januari. Pelatihan yang bekerja sama dengan Lembaga Administrasi Negara diikuti oleh 20 orang peserta yang memenuhi kompetensi untuk menjadi calon pengajar latihan dasar CPNS.  Tujuan workshop ini adalah agar para peserta mampu mempersiapkan dan melaksanakan pengajaran pelatihan dasar CPNS dengan baik dan tepat sesuai tujuan dan desain pembelajaran pelatihan.

Kepala PPSDMA dalam sambutannya menyatakan workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pelatihan di lingkunan BPSDM. “Tujuan dilaksanakannya workshop ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pelatihan, khususnya pelatihan latsar CPNS di lingkungan BPSDM,”” ujarnya.

Pelatihan2 hari ini terdiri dari beberapa materi:

1. Kebijakan Pengembangan SDM dan Latsar

2. Manajemen Penyelenggaraan Latsar CPNS

3. Pembekalan Habituasi dan Aktualisasi

4. Coaching dan Mentoring

5. Pola Pendampingan dalam Latsar CPNS

6. Strategi Pembelajaran

7. Desain Pembelajaran

8. Tugas Mandiri

9. Paparan Kelompok Agenda Pembelajaran

Pelatihan-pelatihan/bimtek secara daring (online) di lingkungan PPSDMA menggunakan aplikasi SMILE (Smart Way in Learning) untuk mengakses modul di laman https://smile.esdm.go.id dan aplikasi video conference (zoom) sebagai media pembelajaran secara tatap muka. SMILE adalah aplikasi pembelajaran yang menggunakan metode blended learning system dan dapat diakses di mana saja, kapan saja dan dengan piranti apa saja.