KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



PPSDMA Adakan Pelatihan Zona Integritas Angkatan 2

  • Senin, 19 April 2021
top news image

Guna membekali pengetahuan dan wawasan terkait zona integritas, PPSDM Aparatur kembali mengadakan Pelatihan Zona Integritas Angkatan Kedua. Pelatihan yang berlangsung dari 19 – 26 April dilakukan secara daring dengan mengundang para pengajar dari Biro Ortala KESDM, Inspektoral Jenderal KESDM dan LIPI. Pelatihan yang diikuti oleh 22 orang pegawai di lingkungan KESDM bertujuan agar para peserta mampu mengelola pelaksaan kegiatan Zona Integritas dan Aksi Pencegahan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme di instansi masing-masing.

Kepala PPSDMA dalam sambutannya menyatakan Zona Integritas adalah sebutan/ predikat yang diberikan kepada K/L/D yang mempunyai komitment untuk mewujudkan WBK dan WBBM. “ Zona Integritas atau disingkat dengan ZI merupakan sebutan atau predikat yang diberikan kepada Kementerian Lembaga dan Daerah di mana pimpinan dan jajarannya berkomitmen kuat untuk mewujudkan WBK dan WBBM, ujarnya.

Ia juga mengharapkan pembangunan Zona Integritas di unit-unit yang telah meraih predikat WBK/WBBM dapat menjadi pilot project dan studi banding bagi unit-unit lain yang belum memperoleh predikat WBK/WBBM.

Adapun materi-materi dalam pelatihan ini mencakup : Manajemen Perubahan dan Budaya Integritas, Penataan Tata Laksana Zona Integritas, Penataan Sistem Manajemen SDM Zona Integritas, Penguatan Akuntabilitas Kinerja, Penguatan Pengawasan Pembangunan Reformasi Birokrasi dan Pelayanan Publik.

Pelatihan-pelatihan/bimtek secara daring (online) di lingkungan PPSDMA menggunakan 2 aplikasi : SMILE (Smart Way in Learning) untuk mengakses modul pembelajaran dan aplikasi video conference (zoom) untuk pertemuan tatap muka. SMILE adalah aplikasi pembelajaran yang menggunakan metode blended learning system dan dapat diakses di mana saja, kapan saja dan dengan piranti apa saja.