KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



PPSDM Aparatur Mendorong 27 Orang ASN KESDM untuk Menjadi Penulis Kebijakan yang Mumpuni Melalui Bimtek

  • Selasa, 26 Oktober 2021
top news image

Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan pengetahuan dalam membuat rekomendasi kebijakan secara baik dan terstruktur, PPSDM Aparatur menggelar Bimtek Policy Brief yang diikuti oleh ASN Kementerian ESDM.  Kegiatan ini merupakan kegiatan Batch II, dan dilakukan secara daring.

 Policy Brief merupakan suatu media yang menguraikan dasar rasional dalam pemilihan sebuah alternative kebijakan tertentu atau rangkaian tindakan dalam sebuah kebijakan saat ini. Policy brief juga merupakan tulisan ilmiah yang ringkas dan berfokus pada isu kebijakan tertentu serta menawarkan solusi alternatif atas permasalah kebijakan.

Dalam Bimtek ini, 27 orang ASN dari lingkungan Kementerian ESDM akan dibimbing selama lima hari oleh narasumber dari LPEM FEB UI. Seluruh peserta akan dipacu untuk berpartisipasi secara aktif, dilibatkan dalam proses belajar mengajar melalui komunikasi dua arah, sehingga memberikan kesempatan kepada peserta untuk menyumbangkan pikiran dan pengalamannya serta menunjukkan kemampuan menganalisis masalah.

Koordinator Program dan Evaluasi PPSDM Aparatur, dra. Wien Evayanti Redina, dalam sambutannya mewakili Kepala PPSDM Aparatur mengatakan,” Dalam menyusun rekomendasi kebijakan, dibutuhkan pendekatan yang tepat dan analisis yang rasional berdasarkan bukti atau permasalahan yang ada untuk menghasilkan hasil yang lebih baik. Tahapan tersebut perlu dipahami terlebih dahulu untuk memperoleh rekomendasi kebijakan yang dapat dipahami dan tepat sasaran.”

Oleh karenanya, beliau berharap Bimtek ini dapat memberikan peningkatan kompetensi pada seluruh peserta. Sehingga, akan tercipta para penulis kebijakan yang berkualitas di lingkungan KESDM.