KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



PPSDM Aparatur Adakan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Skala Nasional

  • Selasa, 24 Januari 2023
top news image

PPSDM Aparatur mengadakan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Skala Nasional Angkatan I. Pelatihan ini dilaksanakan selama 4 (empat) hari kerja mulai dari tanggal 24 s.d. 27 Januari 2023. Media pelatihan mengunakan Aplikasi e-Learning SMILE PPSDM Aparatur dan Pelaksanaan pelatihan dilaksanakan di Pusat  Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur.

Pelatihan yang difasilitasi oleh pengajar dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dan Widyaiswara dari PPSDM Aparatur, diikuti oleh 22 ASN di lingkungan Kementerian ESDM.

Materi Pelatihan

Dalam Pelatihan ini materi yang diajarkan sebagai berikut.

1.       Ide dan topik menulis KTI;

2.       Kerangka KTI/Rancangan Penulis;

3.       Metodologi Penelitian;

4.       Teknik menulis Karya Tulis Ilmiah;

5.       Ejaan Bahasa Indonesia dan Tata Bahasa;

6.       Proses Pasca Penulisan.

Timtim Tauhidin yang mewakili Kepala Pusat dalam sambutannya menyatakan menulis adalah sebuah ekspresi ke dalam Bahasa tulisan. “Menulis pada hakikatnya adalah upaya mengekspresikan apa yang dilihat, dialami, dirasakan, dan dipikirkan ke dalam bahasa tulisan,” tuturnya.

Ia juga menyatakan KTI adalah bentuk komunikasi kepada masyarakat.”Karya Tulis Ilmiah adalah sarana komunikasi antara ilmu dan masyarakat,” tuturnya.

Harapannya setelah mengikuti pelatihan ini peserta mampu mengembangkan keterampilan dalam menulis Karya Tulis Ilmiah yang ditulis dengan susunan sistematis, logis dan memenuhi kaidah ilmu pengetahuan yang berlaku dan mengutamakan aspek rasionalitas dan permasalahan yang diangkat bersifat objektif dan faktual.