KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



PPSDM Aparatur Adakan Pelatihan Building Digital Mindset Angkatan I

  • Selasa, 24 Januari 2023

Setiap ASN harus memiliki mindset yang sesuai dengan perkembangan jaman. Sadar akan pentingnya mindset ini, PPSDM Aparatur mengadakan Pelatihan Building Digital Mindset Angkatan I. Pelatihan dilaksanakan selama 4 (empat) hari kerja dengan metode distance learning menggunakan aplikasi Zoom Meeting dan LMS SMILE PPSDM Aparatur mulai tanggal 24 s.d. 27 Januari 2023.

Pelatihan yang diikuti oleh 25 ASN di lingkungan Kementerian ESDM ini memiliki tujuan agar para peserta memiliki sudut pandang yang positif terhadap tugas dan tanggung jawab pekerjaannya secara digital dan mampu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi dengan begitu cepat.   

Materi pelatihan yang diajarkan mencakup:

1.     Mindset Transformation

2.     Adapting to Change;

3.     Digital Mindset;

4.     Administrasi Perkantoran dan Komunikasi di Era Digital, dan

5.     Microsoft Office.

Andri Suryana yang mewakili Kepala Pusat menyatakan bahwa dengan adanya fenomena revolusi inudstri para ASN harus bersikap adaptif dengan perkembangan jaman. “Fenomena revolusi industri 4.0 membawa banyak pengaruh, baik positif maupun negatif bagi masyarakat, dimana semua lini tengah berlomba untuk melakukan digitalisasi agar tidak tergerus oleh teknologi yang terus berkembang. Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai salah satu aset birokrasi diharapkan dapat bersikap adaptif dan mempersiapkan diri dalam menghadapi tantangan dunia yang semakin kompleks, seperti digitalisasi dan globalisasi,” ujarnya.

Ia juga berharap seluruh peserta dapat mengikuti pembelajaran dengan aktif dan partisipatif.