KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



PPSDM Aparatur Adakan 2 Bimtek Fungsional

  • Selasa, 30 Maret 2021
top news image

PPSDM Aparatur terus meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan dan kompetensi para aparatur KESDM. Peningkatan kompetensi yang dilakukan adalah mengadakan dua bimtek sekaligus, yaitu Bimtek Teknis Fungsional Analisis Kepegawaian Angkatan 2 dan Bimtek Teknis Fungsional Analisis Hukum. Kedua bimtek fungsional tersebut diadakan bersamaan dari tanggal 29 – 31 Maret secara daring. Bimtek fungsional Analisis Kepegawaian/Analis SDM Aparatur (31 orang peserta)  bekerja sama dengan BKN sedangkan Bimtek Fungsional Analisis Hukum (34 orang) dengan Kemenhumkam RI.

Kepala Pusat, Susetyo Edi Prabowo, dalam sambutannya secara daring menyatakan PPSDM Aparatur terus berkomitmen meningkatkan kompetensi para aparatur KESDM meskipun di masa pandemi yang belum reda.  Ia juga menambahkan setiap ASN berhak mendapatkan pengembangan kompetensi minimum 20 JP per tahun guna memenuhi unsur-unsur Reformasi Birokrasi dalam sub unsur indeks profesionalisme.

Bimtek Fungsional Analis Kepegawaian yang berjumlah 12 JP mencakup materi: Kebijakan Pembinaan JF Analis SDM Aparatur mulai dari pengangkatan hingga pemberhentian, Pemahaman Butir-Butir Kegiatan JF Analis Kepegawaian, Penilaian Kinerja, Penilaian Angka kredit dan Pengembangan Profesi, serta Prosedur penyusunan dan pengusulan Angka Kredit.

Bimtek Fungsional Analis Hukum mencakup : Peran Jabatan Fungsional Analis Hukum dalam mendukung tugas dan fungsi biro/bagian hukum di lingkungan K/LPNK, Penilaian Kinerja Jabatan Fungsional Analis Hukum, Kenaikan Pangkat, Kenaikan Jabatan dan Pemberhentian dari Jabatan, Pembahasan Butir Kegiatan dan Angka Kreditnya, dan Pengembangan Kompetensi, Pedoman Evaluasi Peraturan Perundang-Undangan dan Aplikasi EVADATA.

Perlu diketahui, selama masa pandemi Covid-19 yang belum usai, PPSDM Aparatur telah menyelenggarakan berbagai pelatihan dan bimtek untuk para aparatur KESDM secara daring/virtual.   Pelatihan/bimtek yang diadakan menggunakan dua media : Aplikasi Smile PPSDM Aparatur untuk mengakses materi pembelajaran dan zoom meeting untuk pembelajaran tatap muka.