KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR

Pentingnya Menjaga dan Mendokumentasikan Data dalam Pekerjaan Pengamat Gunung Api



Pentingnya Menjaga dan Mendokumentasikan Data dalam Pekerjaan Pengamat Gunung Api

  • Rabu, 11 Agustus 2021
top news image

PPSDM Aparatur bekerja sama dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menggelar Kegiatan Bimbingan Teknis : Filing System And Dokumentation yang ditujukan kepada Petugas Pengamat Gunung Api di lingkungan Kementerian ESDM, tanggal 10-13 Agustus 2021. Adapun penyelenggaraan Bimtek kali ini dilakukan secara daring, dengan menggunakan aplikasi Zoom.

 

Dalam sambutannya di pembukaan Bimtek, Kepala PPSDM Aparatur, yang pada kesempatan hari ini diwakili oleh, Widyaiswara Madya Selaku Koordinator Pengembangan Kompetensi SDM Aparatur, Indra Syahputra Lubis, mengatakan Bahwa pemanfaatan teknologi mutlak dilakukan dalam rangka memudahkan dalam melakukan pengelolaan data dan documentation serta cepat dalam pencarian data.

 

“Pada era teknologi informasi saat ini, sistem pengelolaan data dan documentation telah masuk pada era dukungan kecanggihan elektronik. Keamanan data dan tingkat kerusakan data serta kesalahan manusia (human error) dapat lebih terjamin dengan adanya sistem informasi/teknologi,” paparan Koordinator Pengembangan Kompetensi SDM, panjang lebar.

 

 

Menjaga dan mendokumentasikan data adalah salah satu hal yang mutlak dilakukan oleh Pengamat Gunung Api. Pendocumentation yang baik akan sangat membantu proses kerja. Karena, membandingkan data historis untuk membuat prediksi adalah hal yang terus-menerus dilakukan dalam pekerjaan ini.

 

Kegiatan Bimtek ini diharapkan dapat memfasilitasi Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Kementerian ESDM, khususnya para Pengamat Gunung Api yang tersebar diseluruh Indonesia, untuk dapat mengembangkan kompetensi, sehingga dapat lebih memahami pentingnya mengelola data dan documentation yang didukung dengan sistem informasi yang tepat dan efisien.

 

Dalam  penyelenggaraan Bimtek kali ini, juga dilibatkan tim Dataquest Leverage sebagai fasilitator. Tercatat, ada 30 Pengamat Gunung Api KESDM yang ikut serta dalam Bimtek, dan diharapkan semuanya mendapatkan kompetensi baru, yang membantu pekerjaannya dalam mengelola dan mendocumentationkan data.