KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



Pembukaan Pelatihan English for Presentation Skill di PPSDM Aparatur

  • Senin, 05 Februari 2018
top news image

(5/2/18) Kemampuan menyampaikan (presentation) topik tertentu secara lisan dalam bahasa asing merupakan salah satu kompetensi penting yang harus dimiliki para aparatur sipil negara dalam menapaki jenjang karirnya. PPSDM Aparatur sebagai satu-satunya satker di lingkungan KESDM yang menangani pengembangan di bidang kepemimpinan, manajemen dan administrasi, menyelenggarakan pelatihan English for Presentation skill selama lima hari (5-9 Februari). Pelatihan presentasi dalam bahasa Inggris ini bertujuan agar para peserta mampu menyampaikan suatu topik tertentu atau kajian bidang ESDM dengan menggunakan Bahasa Inggris.

Pelatihan yang berlokasi di Jalan Cisitu Lama 37 Bandung diikuti sebanyak 15 orang dari berbagai satker di lingkungan ESDM. Dalam sambutan pembukaan yang didampingi Ahmad Helmi, Koordinator Widyaiswara, Kabid Penyelenggara Diklat dan Sarana Prasarana, Hendro Aribowo Siswo Yulianto yang mewakili Kepala Pusat menyatakan bahwa kemampuan presentasi harus dilatih dan dikembambangkan. “Kemampuan seseorang dalam presentasi dan memaparkan sesuatu dengan tujuan agar audiens memahami maksud dan tujuan harus dilatih dan dikembangkan karena setiap orang mempunyai kemampaun tersebut,” ujar nya. Ia juga menegaskan bahwa kemampuan presentasi khususnya dalam Bahasa Inggris ini perlu pengalaman dan jam terbang yang banyak. Pria berkacamata yang sebentar lagi akan memasuki purna bakti ini juga menjelaskan bahwa KESDM sebagai kementerian yang dinamis harus mampu menyampaikan kebijakan dan program kegiatan  KESDM  secara sederhana dengan teknik presentasi yang menarik kepada masyarakat agar mudah dipahami dan  nantinya akan berdampak positif bagi masyarakat.

Pelatihan lima hari ini diampu oleh para pengajar dari PPSDM Aparatur, Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Lintas Ilmu Learning Center dan TBI Bandung. Adapun materinya mencakup: Building Learning Commitment, Ceramah khusus mengenai World Class ASN, Vocabulary dalam Presentasi, Pengenalan Presentasi Bidang ESDM, Pengembangan Materi Presentasi, Teknik dan Praktik Presentasi dan diakhiri dengan seminar. Dalam pelaksanaannya, para peserta akan diberikan pre-test dan post-test untuk mengetahui kompetensi awal dan akhir peserta pelatihan. Selain itu, para peserta dan para pengajar akan dievaluasi dengan menggunakan instrumen evaluasi yang sudah disiapkan panitia.

Pada akhir sambutannya, Kabid  Penyelenggara Diklat dan Sarana Prasarana ini berpesan agar peserta dapat mengikuti kegiatan pelatihan dengan sungguh-sungguh .  (DA)

Lainnya

image
PPSDM Aparatur Dukung ASN Dirjen Geo Minerba Membuat Policy Brief yang Benar Lewat Bimtek

PPSDM Aparatur Dukung ASN Dirjen Geo Minerba Membuat Policy Brief yang Benar Lewat Bimtek

  • Rabu, 06 Oktober 2021
image
Distance Learning Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM Batch II

distance-learning-zona-integritas-menuju-wbk-dan-wbbm-batch-ii

  • Senin, 13 Juli 2020