KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



Pembukaan Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Angkatan 1 dan 2

  • Senin, 01 April 2019
top news image

(01/04/19) Para calon ASN  dari berbagai satker di lingkungan KESDM yang berjumlah 64 orang hari ini Senin (01/04) mengikuti pembukaan latihan dasar CPNS di Aula Wisma PPSDM Aparatur. Pelatihan dasar ini direncanakan selama 51 hari ke depan.

Kabid Pelatihan dan Sarpras Muhamad Adis dalam sambutannya yang mewakili Kepala PPSDM Aparatur mengatakan para calon peserta latihan dasar adalah orang-orang yang terpilih karena berhasil lulus melewati saringan yang sangat ketat. “Anda ini adalah orang-orang pilihan karena anda berhasil lulus melalui saringan yang sangat ketat,” ujarnya.

Ia juga menegaskan bahwa pelatihan dasar CPNS Golongan III  ini adalah syarat untuk diangkat sebagai ASN di lingkungan KESDM sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 11 Tahun 2017. “Pelatihan dasar CPNS ini adalah syarat bagi seorang CPNS untuk diangkat sebagai PNS sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS,” kata pria yang juga jago menjadi dalang.

Pria berpostur tinggi besar ini  juga menjelaskan pembelajaran latihan dasar akan terdiri dari tiga tahapan, yaitu internalisasi, aktualisasi dan evaluasi. “’Pembelajaran dalam latihan dasar ini nantinya akan terdiri dari 3 tahapan, yaitu tahapan internalisasi, aktualisasi dan evaluasi,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan ASN merupakan unsur utama sumber daya utama ASN yang mempunyai peranan penting dalam menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan. “ASN adalah unsur utama sumber daya manusia yang berperanan penting dalam menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan,” pungkasnya.

Adis juga menegaskan ASN sejati adalah sosok yang memiliki kompetensi dan sikap dan perilaku yang berwujud kesetiaan dan ketaatan kepada negara. “ASN sejati adalah ASN yang memiliki kompetensi dan mempunyai kesetiaan dan ketaatan yang tinggi terhadap negara,” tegasnya.

Latihan dasar CPNS ini akan berlangsung selama 51 hari dengan rincian 21 hari di kelas dan 30 hari di tempat kerjanya masing-masing. (DA)