Pelayanan publik adalah sesuatu hal yang harus dimiliki oleh setiap aparatur KESDM dalam melayani para stakeholdersnya dengan prima. Untuk itu PPSDMA mengadakan Pelatihan Pelayanan Publik Angkatan I mulai hari ini Senin 22 – 26 Maret secara daring. Kegiatan yang bekerja sama dengan Kemenpan RB, Puslatbang PK ASN LAN dan Biro Ortala KESDM diiikuti 29 orang pegawai di lingkungan KESDM.
Kepala PPSDMA, Susetyo Edi Prabowo, dalam sambutannya menyatakan pelayanan publik yang profesional dan berkualitas sudah menjadi keharusan dalam pelayanan publik di semua tingkatan baik di pemerintahan pusat dan daerah. “Pelayanan publik yang profesional dan berkualitas sudah menjadi tuntutan dalam pelayanan publik yang ada di semua tingkatan baik yang berada di pemerintahan pusat maupun daerah,” ujarnya.
Ia pun menambahkan untuk memberikan pelayanan publik yang prima maka harus diiiringi dengan perubahan pola pikir terlebih dahulu.” Untuk memberikan pelayanan publik yang prima kepada publik harus dimulai dengan perubahan pola pikir para aparatur terlebih dahulu dengan berorientasi kepada kebutuhan masyarakat,” ungkapnya.
Pelatihan pelayanan publik mencakup materi : Konsep dan Kebijakan pelayanan publik, pola pola penyelenggaraan pelayanan publik, standar pelayanan publik, pengelolaan pengaduan masyarakat, Indeks Kepuasan Masyarakat.
Pelatihan-pelatihan/bimtek
secara daring (online) di lingkungan PPSDMA menggunakan 2 aplikasi : SMILE (Smart Way in Learning) untuk mengakses
modul pembelajaran dan aplikasi video conference (zoom) untuk pertemuan tatap muka. SMILE adalah aplikasi
pembelajaran yang menggunakan metode blended
learning system dan dapat diakses di mana saja, kapan saja dan dengan piranti
apa saja.
Komunikasi Efektif Kunci Keberhasilan Proses Komunikasi