KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



PELATIHAN DATA SCIENCE/ PENGOLAHAN DATA ANGKATAN I BANDUNG, 8 JUNI 2022

  • Senin, 13 Juni 2022
top news image

Data science adalah ilmu yang sangat populer saat ini dan dapat diterapkan di berbagai industri. Merupakan ilmu yang menggabungkan sebuah kemahiran di bidang ilmu tertentu dengan keahlian pemrograman, matematika, dan statistik. Tujuannya adalah untuk mengekstrak sebuah pengetahuan atau informasi dari data. Data science adalah ilmu yang penting, karena bisnis kecil maupun besar sangat bergantung pada data. Tentu saja, kebutuhan akan orang-orang yang ahli di bidang ini semakin dibutuhkan oleh berbagai perusahaan atau instansi pemerintah.

Mengingat pentingnya keahlian tersebut, Pusat Pengembangan SDM Aparatur menyelenggarakan Pelatihan Data Science/ Pengolahan Data Angkatan I selama 5 (lima) hari kerja pada tanggal 8 s.d.14 Juni 2022, dengan metode pelaksanaan secara Blended learning. Diikuti oleh peserta sebanyak 37 (tiga puluh tujuh) ASN di lingkungan Kementerian ESDM. Pelatihan ini bekerjasama dengan Universitas Padjadjaran.


Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan dapat mengimplementasikan ilmu Data science sesuai bidang tugas atau jabatannya agar lebih efisien dan efektif sehingga dapat meningkatkan kinerja organisasi.