KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



Pejabat Fungsional Harus Bekerja dan Berkarya Secara Ikhlas dalam Meniti Karir

  • Senin, 20 Juli 2020
top news image

(20/07/20) Guna terus menambah pengetahuan dan wawasan para pejabat yang akan   bertransformasi ke dalam jabatan fungsional di lingkungan KESDM, PPSDM Aparatur KESDM kembali menggelar Webinar Knowledge Sharing yang ke-2 hari ini Senin (20/07) dengan topik “Bekerja dan Berkarya dalam Fungsional ” via Zoom dan saluran Youtube PPSDMA. Kegiatan kali ini yang diikuti oleh lebih dari 800 orang peserta menghadirkan dua narasumber, Imas Sukmariah dari Kantor Regional III BKN dan Hendris Agung Prasojo dari PPSDM Aparatur.

 Kepala BPSDM ESDM Wiratmaja Puja dalam sambutannya menyatakan para pejabat struktural yang nanti berpindah ke jabatan fungsional tetap harus memiliki skill kepemimpinan dalam jabatannya. “Saya berharap nanti para pejabat struktural yang nanti akan bertransformasi ke dalam jabatan fungsional , nantinya mereka harus tetap memiliki leadership di dalam jabatan fungsionalnya masing-masing,” ujarnya.

Imas Sukmariah, Kepala Kantor Regional III BKN, dalam paparannya menjelaskan para pejabat yang bertransformasi ke dalam jabatan fungsional akan lebih maksimal dalam mengembangkan ilmu dan keahlinya dalam jabatan fungsionalnya dan dapat diberdayakan kompetensinya untuk jangka waktu yang lama.

 “Para pejabat struktural yang bertransformasi ke dalam jabatan fungsional, nantinya mereka akan  lebih maksimal dalam mengimplementasikan ilmu dan keahliannya dalam jabatan fungsional tersebut , dan juga dengan kompetensinya yang dimiliki seorang pejabat tersebut akan dapat diberdayakan oleh organisasinya di kemudian hari,” imbuhnya.

Ia juga menambahkan pembinaan jabatan fungsional adalah kolaborasi kerjasama antara instansi pembina dan instansi pengguna. “Instansi yang membina pejabat fungsional adalah instansi pembina dan juga instansi pengguna,” paparnya..

Imas juga menegaskan pemerintah konsekuensinya bakal mengeluarkan beban anggaran yang lebih sebagai bentuk apresiasi kepada para pejabat fungsional. “Dengan banyak nya para pejabat pindah ke dalam jabatan fungsional, pemerintah tentunya akan mengeluarkan anggaran yang lebih besar. Ini merupakan bentuk apresiasi dari pemerintah kepada para pejabat fungsional,” tegasnya.

Hendris Agung Prasodjo sebagai pamateri kedua menegaskan pentingnya memiliki sikap ikhlas dalam menapak karir sebagai seorang pejabat fungsional. “Seorang pejabat fungsional supaya nyaman dalam jabatannya, dia harus memiliki sikap ikhlas dalam menjalani karirnya,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia menambahkan untuk sukses dalam menjalani jabatan fungsional, orang tersebut harus memiliki disiplin yang tinggi, mandiri, time management yang baik, ikut dalam organisasi profesi dan mengerti dan paham akan aturan-aturan terkait kenaikan pangkat dan angka kredit.

“Dari pengalaman saya sebagai wisyaiswara, seorang fungsional akan sukses dalam jabatannya bila memiliki disiplin yang tinggi, mandiri dalam tugasnya, memiliki time management yang baik, ikut dalam organisasi profesi dan juga paham akan aturan-aturan terkait kenaikan pangkat dan angka kredit,” tegasnya. .

 Di akhir paparan ia berharap para pejabat fungsional terus meningkatkan kompetensi dan juga profesionalismenya sesuai dengan jenjang jabatannya.

 Kegiatan knowledge sharing ke 2  berjalan menarik dengan diisi dengan dua paparan, diskusi dan tanya jawab dari para panelis dan para peserta webinar.