KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



Para Aparatur Harus Kuasai Pemecahan Masalah dan Pengambilan Keputusan

  • Senin, 03 Mei 2021
top news image

Fakta menunjukkan kelancaran operasional suatu organisasi sangat ditentukan oleh kemampuan para eksekutifnya/pimpinan dalam menangani masalah dan mengambil keputusan. Keberhasilan memikul tanggung jawab seorang pimpinan sering diukur melalui kemampuannya dalam menangani masalah secara cepat dan efektif. Oleh karena itu untuk mendukung keterampilan pemecahan masalah dan pengambilan keputusan bagi para aparatur KESDM  PPSDM Aparatur mengadakan Pelatihan Problem Solving and Decision Making Angkatan ke 3.  Pelatihan secara daring ini diikuti 24 orang peserta dari tanggal  03 – 07 Mei 2021, yang difasilitasi oleh para pengajar dari PPSDM Aparatur. Pelatihan ini bertujuan agar para peserta dapat meningkatkan kompetensi dalam menguasai tahapan proses menanganai masalah dan mengambil keputusan secara rasional dan kreatif.

Kepal Pusat, Susetyo Edi Prabowo, dalam sambutannya menyatakan keterampilan pemecahan masalah (problem solving) akan menjadi keterampilan yang sangat dibutuhkan di masa depan. Selain itu ia juga menambahkan pemecahan masalah adalah sebuah pola pikir atau mindset yang akan membawa secara tidak langsung untuk berfikir positif dan solutif.

Perlu diketahui, selama masa pandemi Covid-19 yang belum usai, PPSDM Aparatur telah menyelenggarakan berbagai pelatihan dan bimtek untuk para aparatur KESDM secara daring/virtual.   Pelatihan/bimtek yang diadakan menggunakan dua media : Aplikasi Smile PPSDM Aparatur untuk mengakses materi pembelajaran/modul dan zoom meeting untuk pembelajaran secara tatap muka.