KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



Mengaplikasikan System Thinking dalam Pengambilan Keputusan

  • Rabu, 01 September 2021
top news image

Mengambil keputusan bukanlah hal yang mudah. Untuk membuat pilihan yang tepat, seseorang harus mampu mengidentifikasi permasalahan yang ada.

Untuk meningkatkan kemampuan ASN Kementerian ESDM dalam mengambil keputusan, PPSDM Aparatur menyelenggarakan Pelatihan System Thinking dalam Pengambilan Keputusan. Pelatihan ini dibagi menjadi beberapa tingkatan dan digelar dalam beberapa batch.

Tanggal 30 Agustus-3 September 2021, kembali digelar Pelatihan Basic System Thinking dalam Pengambilan Keputusan. Ini adalah batch III di tingkatan sejenis. Tujuannya agar peserta dapat mengambil keputusan melalui pendekatan system thinking. Selain itu, juga memiliki kompetensi dalam merumuskan kebijakan yang tepat, efektif dan efisien dengan pendekatan yang sama.

“Pada dasarnya system thinking adalah kemampuan atau pendekatan yang melihat bagaimana sistem organisasi berinteraksi dan saling memengaruhi secara menyeluruh,” terang Muhammad Adis, dalam sambutannya saat membuka pelatihan mewakili Kepala PPSDM Aparatur.

Menurutnya, system thinking adalah salah satu kompetensi yang penting untuk dimiliki pemimpin. Kompetensi ini memungkinkan pemimpin menangani dan memeriksa kompleksitas baik eksternal atau internal organisasi dengan lebih efektif, melihat masalah, serta mengenali dimana perubahan dibutuhkan dan berarti.

Diikuti oleh 26 ASN dari lingkungan Kementerian ESDM, pelatihan ini melibatkan Prof. Dr. Ir. Rika Ampuh Hadiguna, M.T.IPU, ASEAN Eng. dari Universitas Andalas sebagai pengajar.

Dilaksanakan selama 5 (lima) hari kerja, pelatihan ini digelar secara daring mengunakan Aplikasi e-Learning SMILE PPSDM Aparatur dan Zoom Meeting PPSDM Aparatur.

Lainnya

image
Ignasius Jonan Kembali Kunjungi PPSDM Aparatur

Ignasius Jonan Kembali Kunjungi PPSDM Aparatur

  • Rabu, 11 September 2019
image
Halal bihalal

  • Senin, 10 Juni 2019
image
Kalau tidak mau berubah .. TENGGELAMKAN

  • Jumat, 04 September 2020