Tanggal 27 Juli 2021 silam,
Kementerian PANRB meluncurkan Core Values dan Employer
Branding baru bagi Aparatur
Sipil Negara (ASN). Diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo, BerAKHLAK dikenalkan sebagai Core Values ASN
seluruh Indonesia dan #banggamelayanibangsa sebagai Employer Branding ASN.
Menindaklanjuti hal ini, cuma selang
sehari, PPSDM Aparatur melakukan sosialisasi langsung core values BerAKHLAK melalui acara One
Hour University. Harapannya, core values dan
employer branding ASN yang baru ini
bisa langsung dijalankan oleh ASN, khususnya ASN KESDM.
Tapi, apa sih sebenarnya yang dimaksud
dengan core values ASN
BerAKHLAK? Dan apa yang menjadi hal penting dalam employer branding ‘Bangga Melayani Bangsa’?
BerAKHLAK merupakan akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.
Core Values ASN ini adalah inti dari nilai-nilai dasar ASN sesuai dengan
Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. Sementara,
#banggamelayanibangsa adalah pemutakhiran dari employer branding ASN sebelumnya, yaitu melayani dengan sepenuh
hati.
Core values ini menjadi titik tonggak penguatan budaya kerja, yang tidak hanya dilakukan pada ASN tingkat pusat namun juga pada tingkat daerah, sebagaimana pesan Presiden Joko Widodo, “ASN yang bertugas sebagai pegawai pusat maupun pegawai daerah harus mempunyai core values yang sama.”
BerAKHLAK merupakan panduan perilaku bagi ASN. Nilai dasar
yang harus dijalankan dengan penuh tanggung jawab, dan menjadi fondasi budaya kerja ASN yang profesional. Adapun
detil dari nilai-nilai tersebut adalah:
Berorientasi
Pelayanan:
Memahami
dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Ramah, cekatan, solutif, dan dapat
diandalkan, serta melakukan perbaikan tiada henti.
Akuntabel:
Melaksanakan tugas dengan jujur,
bertanggung jawab, cermat, serta disiplin dan berintegritas tinggi. Menggunakan
kekayaan dan barang milik negara secara bertanggung jawab, efektif dan efisien,
dan tidak menyalahgunakan kewenangan jabatan.
Kompeten
Meningkatkan kompetensi diri untuk
menjawab tantangan yang selalu berubah. Membantu orang lain belajar, dan
melaksanakan tugas dengan kualitas terbaik.
Harmonis
Menghargai setiap orang apapun latar
belakangnya. Suka menolong orang lain, dan membangun lingkungan kerja yang
kondusif.
Loyal
Memegang teguh ideologi Pancasila dan
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, setia kepada NKRI
serta pemerintahan yang sah, menjaga nama baik sesama ASN, pimpinan, instansi
dan negara, serta menjaga rahasia jabatan dan negara.
Adaptif
Cepat menyesuaikan diri menghadapi
perubahan. Terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas, dan bertindak
proaktif.
Kolaboratif
Memberi kesempatan kepada berbagai
pihak untuk berkontribusi, terbuka dalam bekerja sama untuk menghasilkan nilai
tambah, dan menggerakkan pemanfaatan berbagai sumber daya untuk tujuan bersama.
Bersamaan dengan
peluncuran core values ASN BerAKHLAK, Presiden Republik
Indonesia, Bapak Joko Widodo, juga mencetuskan employer branding #BanggaMelayaniBangsa
di dalam sanubari para ASN di Indonesia.
Branding ini menunjukkan bahwa ASN
adalah profesi yang bangga dalam melayani bangsa. Profesi ASN patut dibanggakan
karena ASN diberi pengakuan dan penghargaan yang adil, diberi kesempatan
meningkatkan kompetensi seluas-luasnya, dan diberi kesempatan terbuka untuk
berkarier.
Dengan kebanggaan tersebut, diharapkan ASN juga harus mampu menyeimbangkan harapan dan ekspektasi organisasi terhadap dirinya, dengan terus meningkatkan kinerja secara terus menerus, selalu belajar untuk meningkatkan kapasitas, dan menyesuaikan perilaku dengan core values.
Semoga kita bisa menjadi ASN yang
BerAKHLAK dan selalu #banggamelayanibangsa.