KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR

Komunikasi Efektif Kunci Keberhasilan Proses Komunikasi



Komunikasi Efektif Kunci Keberhasilan Proses Komunikasi

  • Rabu, 25 Agustus 2021
top news image

Bagaimana agar kita sukses berkomunikasi?

 

Yang pasti, kita bisa menyampaikan pesan dan ditangkap dengan tepat oleh lawan bicara atau target komunikasi kita. Cara mencapainya bepmacam-macam. Namun yang paling utama adalah melakukan proses komunikasi yang efektif.

 

Yang dimaksud komunikasi efektif adalah komunikasi yang mampu menghasilkan perubahan sikap pada orang yang terlibat dalam sebuah proses komunikasi. Untuk mencapai kondisi ini, kita harus bisa berbicara dan mendengarkan secara efektif.

 

Berbicara adalah cara kita menyampaikan pesan. Dengan melakukan pembicaraan efektif, pesan yang kita sampaikan akan sampai dengan lebih baik. Sementara, mendengarkan adalah proses menerima rangsangan melalui indera telinga. Untuk menjalin komunikasi yang efektif, selain berbicara kita juga perlu mendengarkan.

 

Hal-hal di atas adalah sebagian dari pengetahuan yang dibagikan dalam Kegiatan Distance Learning : “Communication Skill untuk Pengamat Gunung Api” yang digelar mulai tanggal 23-26 Agustus 2021 melalui Zoom.

 

Pada pembukaan acara yang diikuti oleh 30 orang Pengamat Gunung Api Kementerian ESDM yang tersebar di seluruh Indonesia ini, Widyaiswara Madya Selaku Koordinator Pengembangan Kompetensi SDM, Indra Syahputra Lubis yang memberikan sambutan mewakili Kepala PPSDM Aparatur mengatakan, komunikasi merupakan salah satu dari delapan kompetensi manajerial yang tertuang pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2017 Tentang Standar Kompetensi Jabatan Aparatur Sipil Negara, yaitu pengetahuan keterampilan, dan sikap atau perilaku yang dapat diamati, diukur, dikembangkan untuk memimpin dan mengelola unit organisasi.

 

“Sebagai pejabat fungsional Pengamat Gunung Api (PGA) pada Kementerian ESDM, PGA menjadi garda terdepan  dalam penyampaian informasi terkini sehubungan dengan aktivitas kegunungapian  terutama disaat terjadinya bencana. Maka sangatlah penting bagi PGA memiliki kompetensi komunikasi, untuk dapat memberikan informasi kepada masyarakat dan stakeholder secara baik dan benar dimana komunikasi yang baik dan benar  merupakan  salah satu proses yang penting dalam manajemen bencana,” tambah Indra.

 

Difasilitasi oleh Ibu Dr. Roro R Woelan dan Ibu Dr. Dewi K Soedarsono dari Telkom University, kegiatan ini bertujuan untuk menjelaskan konsep komunikasi yang nantinya akan menjadi bekal peserta untuk berkomunikasi dan menerapkan strategi komunikasi yang efektif. Tentunya sesuai dengan etika berkomunikasi.