KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



Kompetensi Pengambilan Keputusan harus dimiliki para aparatur

  • Senin, 17 Januari 2022
top news image

PPSDM Aparatur terus mengadakan pelatihan Problem Solving dan Decision Making karena pelatihan ini dianggap sangat penting bagi kompetensi aparatur KESDM. Pelatihan Angkatan I di awal tahun 2022 selama 5 hari (17 - 21 Januari) diikuti oleh 43 orang aparatur KESDM. Pelatihan tersebut menggunakan dua media, yaitu Smile Aparatur untuk mengakses pembelajaran dan Zoom Meeting untuk tatap muka. Para fasilitator berasal dari widyaiswara PPSDMA.

Kepala Pusat dalam sambutannya menyatakan kelancaran organisasi ditentukan oleh para pucuk pimpinan dalam memecahkan masalah dan mengambil keputusan.  Fakta menunjukan bahwa kelancaran operasional suatu organisasi sangat ditentukan oleh kemampuan para eksekutifnya dalam menangani masalah dan mengambil keputusan,"ujarnya. 

Ia juga menambahkan keberhasilan seorang pimpinan dapat diukur dari keberhasilannya menangani masalah secara cepat dan efektif. ""Keberhasilan memikul tanggung jawab seorang pimpinan sering diukur melalui kemampuannya dalam menangani masalah secara cepat dan efektif," pungkasnya.

Materi-materi dalam pelatihan ini mencakup: 

1. Definisi dan Ruang Lingkup Masalah Organisasi,

2. Identifikasi Tipe pemecahan masalah,

3. Langkah-langkah pemecahan masalah

4. Pengambilan keputusan

5. Ceramah Pemecahan Masalah dan Pengambilan Keputusan dalam Organisasi

2.