KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



Kiat Menjadi Pembicara yang Baik

  • Jumat, 04 Maret 2022
top news image

Banyak yang sering bertanya, bagaimana caranya jadi pembicara yang andal dan lancar di hadapan banyak orang? 

Tentunya, diperlukan keahlian komunikasi dalam menyampaikan suatu gagasan dan penjelasan dari pembahasan yang dibawakan oleh pembicara. Maka dari itu, diperlukan latihan dan pembiasaan dalam menyampaikan pendapat di muka umum.

Berikut kami bagikan beberapa kiat untuk menjadi seorang pembicara yang baik. Sila disimak!

Pahami Materi yang Akan Dibawakan dan Dibahas 

Sebelum tampil berbicara di depan umum, pastikan untuk mengetahui apa yang akan dibahas atau dibicarakan. Matangkan dulu materi pembicaraan, dan buatlah guide berupa poin agar semua hal yang ingin disampaikan tidak terlewat. 

Bangun Percaya Diri dan Gunakan Bahasa Tubuh

Saat tampil di depan publik, diperlukan rasa percaya diri yang tinggi. Apalagi kalau kita ingin meyakinkan orang melalui pidato yang kita bawakan. Bagaimana orang bisa teryakinkan apabila kita terlihat tidak pede saat membawakan materi.

Gestur tubuh yang santai menjadi pendukung saat menyampaikan pesan. Saat kita tampil tegang dan kaku, audiens akan melihat bahwa kita kurang percaya diri dan tidak menikmati materi yang kita sampaikan.

Untuk mendapatkannya, kita bisa memulainya dari latihan. Sering-sering berlatih bicara di rumah. Mengulang-ulang materi, dan lihat tampilan kita saat berbicara di depan kaca. 

Perbanyak Latihan

Practice makes perfect!Dengan memperbanyak latihan, membuat kita terbiasa dalam berbicara. Latihanlah di hadapan diri sendiri dengan cermin. Atau libatkan keluarga dan teman terdekat kamu sebagai audiens. Terus berupaya untuk membangun suasana rileks dan santai.

Pelajari Audiens

Selain materi, saat berbicara di depan publik sebaiknya kita juga mempelajari karakter audiens kita. Melakukan sedikit riset tentang audiens akan sangat membantu. Kita bisa tahu cara mereka berbicara, dan bahasa-bahasa lokal yang bisa kita pakai untuk mengambil hati mereka.

Bangun Interaksi dengan Audiens

Saat berbicara di depan banyak orang, kita harus dapat engaged. Menarik perhatian audiens dengan berbagai cara. Salah satunya adalah berinteraksi dengan audiens. 

Untuk memulainya jelas tidak mudah. Kita harus santai, dan rajin berlatih yang sudah disebutkan di poin sebelumnya bisa jadi senjata utama. Lihat dulu suasana audiens, dan pastikan cara berinteraksi yang kita pilih tepat dan bisa diterima oleh audiens kita.

Demikianlah kiat-kiat yang bisa dicoba untuk menjadi pembicara yang baik. Ingat, jam terbang menentukan keahlian kita. Jadi terus berlatih dan dapatkan sebanyak mungkin kesempatan berbicara di depan publik hingga kamu bisa menjadi seorang pembicara yang luar biasa.