KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



Kepala BPSDM pada Dikpim Tingkat IV: Kita Harus Memikirkan yang Jauh Lebih Besar

  • Kamis, 05 April 2018
top news image

“Kita harus memikirkan yang jauh lebih besar,” ujar IGN Wiratmaja, Kepala BPSDM pada pemaparan materi yang berjudul “Isu-Isu Strategis di Sektor ESDM” pada Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV di PPSDM Aparatur hari ini Kamis (5/4/18). Guru Besar Teknik Mesin ITB ini menekankan agar para pemimpin untuk selalu berpikir pada hal-hal yang lebih besar untuk kepentingan bangsa dan negara daripada memikirkan untuk kepentingan diri sendiri (myself) . Menurut beliau, seorang pemimpin harus menghilangkan untuk memikirkan kepentingan diri sendiri.

Tambahan lagi, Mantan Dirjen Migas tersebut menyatakan bahwa Indonesia masih tertinggal dari negara-negara lain dalam pertumbuhan ekonomi. “Produk Domestik Bruto Indonesia (GDP) sebesar 940,9 milyar USD berada di urutan 16 dunia di tahun 2016. Pada tahun 2017, Indonesia hanya tumbuh 5,1 persen dengan jumlah penduduk 260 juta jiwa,” ujarnya. Ia menerangkan agar peserta diklat melihat Indonesia secara global agar bisa bersaing pada tingkat regional dan internasional.

Pria yang hobi bersepeda ini juga menyatakan bahwa Indonesia diproyeksikan menjadi negara terbesar keempat dunia di tahun 2050 sesuai prediksi lembaga-lembaga keuangan internasional. Untuk itu menurutnya, Indonesia harus mempunyai ketahanan energi yang kuat, SDM yang unggul dan pengembangan energi baru terbarukan yang masif agar bisa menjadi negara nomor 4 dunia di tahun 2050.   

Wiratmaja menjelaskan bahwa tugas KESDM  tidaklah ringan untuk memenuhi kebutuhan energi seperti listrik, migas, dan energi baru terbarukan untuk seluruh masyarakat seperti yang sudah disusun dalam Program Kedaulan Energi KESDM dan juga untuk menggapai negara besar nomor 4 dunia di tahun 2050.

Untuk itu menurut pri asli Bali ini, para pemimpin harus bisa saling bahu membahu dan kuat menguatkan sebagai team player agar tugas besar KESDM dalam mendukung ketahanan energi Program Nawacita Jokowi bisa tercapai sesuai rencana. (DA)