KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



Kata Peserta tentang Pelatihan Policy Paper PPSDM Aparatur: Puas Meskipun Lewat Daring

  • Jumat, 25 Februari 2022
top news image

Pada tanggal 7-11 Februari, PPSDM Aparatur menggelar pelatihan Policy Paper secara daring dan diikuti oleh 22 orang peserta. Meskipun tidak dilaksanakan secara tatap muka, rerata peserta pelatihan mengaku puas dengan materi yang diajarkan dan proses berjalannya pelatihan.

Rian Koswara, salah satu peserta pelatihan yang merupakan pengelola publikasi dan dokumentasi dari Sekretariat Badan Geologi mengatakan bahwa pelatihan policy paper yang diikutinya membuatnya jadi lebih paham dan mengenal konsep policy paper sebagai solusi untuk membuat kebijakan pemerintah.

”Saya berharap saya dapat mengimplementasikan hasil pelatihan dengan membantu membuat policy paper,” ucap Rian, saat dihubungi tim PPSDM Aparatur.

Sementara itu Edi Prantoko, Penyelidik Bumi Muda dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi menyatakan bahwa pelatihan ini sangat menarik. 

“Meskipun digelar secara daring, pelatihan ini sangat menarik dan dapat menambah sesuatu yang baru bagi diri saya sendiri, ” kata Edi Prantoko.

Edi mengaku bahwa semua informasi di pelatihan ini adalah hal yang baru bagi dirinya. Edi pun  berencana memahami terlebih dahulu konsep policy paper sebelum membuatnya di tempat kerjanya.

Dari pengakuan dua peserta pelatihan di atas, selain membuka wawasan, proses pelatihan yang didesain menarik oleh PPSDM Aparatur ternyata bisa menumbuhkan minat peserta pelatihan untuk melakukan aksi berdasarkan pengetahuan yang didapatnya selama diklat.

Salah satu penyebabnya adalah proses pelatihan yang berjalan interaktif. Dan ini diakui oleh Ana Fitriyatus Sa’adah, Perencana Ahli Muda dari Biro Perencanaan.

”Saya dapat memperolah gambaran terkait policy paper, misal tentang sistematika penulisan, jenis data, dan contoh-contoh dari policy paper. Dan saya sangat menikmati pelatihan karena materinya sangat bermanfaat, berjalan sesuai jadwal, dan prosesnya interaktif,” ujarnya.

“Kebetulan biro perencanaan itu bertanggung jawab terhadap penerbitan buletin perencanaan KESDM, nah saya termasuk tim reviewer, jadi bisa mengaplikasikan materi terkait review jurnal, ke depan ketika saya menulis artikel buletin perencanaan akan menerapkan sistematika penulisan policy paper, sehingga outputnya lebih fokus ke rekomendasi kebijakan,” lanjut Ana.

Secara umum dapat disimpulkan  pelatihan daring tentang policy paper dapat  memberikan manfaat dan berdampak kepada para peserta. Ingin mendapatkan wawasan dan ilmu yang bisa menginspirasi dalam bekerja? Selalu update info seputar pelatihan terkini di website ini, ya!