KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



Ignasius Jonan Ajak BPSDM ESDM Mengikuti Perkembangan Revolusi Industri 4.0

  • Sabtu, 23 Februari 2019
top news image

 (23/02/19) Dalam kunjungannya ke Bandung Menteri ESDM Ignasius Jonan mengadakan silaturrohim dan memberikan arahan kepada para pegawai di lingkungan PPSDM Aparatur dan PPSDM Geominerba hari ini Sabtu (23/02). Acara tersebut juga dihadiri Kepala BPSDM Prof. IGN Wiratmaja, para kepala pusat dan para pejabat struktural dan fungsional dari lingkungan BPSDM ESDM dan Biro Klik.

Dalam arahannya di depan ratusan pegawai tersebut Jonan menyatakan BPSDM ESDM harus dapat menjadi center of excellence dan menjadi badan pengembangan sumber daya manusia yang dapat dibanggakan di mata masyarakat umum. “Saya meminta kepada BPSDM ini agar bisa menjadi center of excellence dan juga menjadi kebanggaan di mata masyarakat dan bermanfaat untuk republik ini,”ujar pria asli Surabaya ini.

Ia juga mengatakan untuk menciptakan kualitas dan proses pembelajaran yang baik diperlukan kualitas pengajar yang unggul dan proses pembelajaran yang efisien dan terbaik. “Menciptakan BPSDM yang unggul itu memerlukan kualitas pengajar yang bagus dan juga perlu kualitas pembelajaran yang terbaik dan efisien,” tegas Jonan.

Ia juga menegaskan agar BPSDM ESDM harus dapat bergerak cepat seiring dengan perkembangan jaman yang begitu cepat. “BPSDM ini harus juga dapat bergerak cepat untuk mengimbangi perkembangan dunia yang begitu cepat,”tegasnya.

Lebih lanjut, mantan Dirut PT KAI ini menyatakan pemerintahan sekarang seiring dengan revolusi industri 4.0 akan memfokuskan pada pengembangan energi baru terbarukan, kendaraan listrik, transaksi online dan kecerdasan buatan mulai dari kesehatan sampai dengan fabrikasi.

“Pemerintahan Jokowi sekarang ini seiring dengan perkembangan revolusi industry 4.0 akan terus berfokus pada pengembangan energi baru terbarukan, ini kaitannya dengan penyediaan listrik dan transportasi, kendaraan listrik, transaksi online dan kecerdasan buatan yang termasuk dalam teknologi 5G mulai dari kesehatan sampai fabrikasi,”pungkasnya.

Lebih lanjut mantan menteri perhubungan ini menyatakan BPSDM khususnya PPSDM Aparatur harus dapat memberikan sumbangsih yang terbaik buat negara ini, melebihi apa yang saya lakukan untuk memperbaiki bandara di Wamena. “Saya berharap Aparatur ini memberikan kontribusi yang terbaik buat bangsa dan negara ini, daripada sekadar apa yang saya lakukan untuk membangun bandara di Wamena,”pungkasnya.

Di akhir arahannya, mantan CEO Citibank tersebut menegaskan pemerintah akan terus memeratakan pembangunan di seluruh Indonesia. (DA)