KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



Harus Paham Paradigma Birokrasi Modern dan Era Digital, 1.600 CPNS Jalani Pelatihan

  • Senin, 10 Agustus 2020
top news image


Pegawai Negeri Sipil sebagai unsur utama sumber daya manusia Aparatur Sipil Negara (ASN) mempunyai peranan penting dalam menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan. Sosok PNS yang mampu memainkan peran tersebut adalah PNS yang memiliki kompetensi yang diindikasikan dari sikap dan perilakunya yang penuh dengan kesetiaan dan ketaatan kepada negara, bermoral dan bermental baik, professional, sadar akan tanggungjawab sebagai pelayan publik, serta mampu menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

PPSDM Aparatur KESDM bekerjasama dengan PPSDM Geominerba KESDM, dan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Kemendikbud menyelenggarakan Pelatihan Dasar CPNS Tahun 2020 secara daring. Pelaksanaan pelatihan tersebut dimulai pada Senin, (10/8) dengan diawali kegiatan pembukaan yang dilaksanakan dengan cara daring. Kegiatan pelatihan ini secara resmi dibuka oleh Kepala PPSDM Aparatur (Albertus Susetyo Edi Prabowo) dan dihadiri oleh Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai (Amurwani Dwi Lestariningsih) didampingi oleh jajaran pejabat dan pengajar dari kedua instansi.

Pelatihan Dasar CPNS kali ini diikuti oleh 1.680 orang peserta yang yang di bagi beberapa gelombang, setiap gelombang terdiri dari beberapa angkatan. Latihan dasar ini selain sebagai syarat Calon Pegawai Negeri Sipil untuk diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil seperti dalam Peraturan Pemerintah No. 11 Tahun 2017 dan Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara No. 12 Tahun 2018 juga bertujuan untuk membekali para CPNS agar mampu melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai dengan kompetensi yang telah dipersyaratkan. Pelatihan Dasar CPNS dibagi menjadi tiga tahapan, yaitu tahap internalisasi, tahap aktualisasi, dan tahap evaluasi aktualisasi.