KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



Distance Learning : Mind Mapping

  • Rabu, 30 September 2020
top news image

Tahu gak, dalam berorganisasi dan bekerja di instansi pemerintah, dan menjadi personil yang terdepan diperlukan potensi bekerja dengan penuh kreativitas. Mind Map merupakan sebuah sistem berpikir yang bekerja sesuai dengan cara kerja alami otak manusia dan mampu membuka serta memanfaatkan seluruh potensi dan kapasitasnya. Oleh karena itu PPSDM Aparatur menyelenggarakan pelatihan mind map untuk menjadi solusi bagi pegawai dalam menguasai kreativitas berpikir dalam setiap kegiatan di organisasi.

Latar belakang pelaksanaan Kegiatan Distance Learning : “Mind Mapping” adalah untuk meningkatkan kemampuan pegawai dalam melakukan proses memetakan pikiran untuk menghubungkan informasi-informasi yang memilki korelasi. Beberapa manfaat mind mapping adalah meningkatkan kemampuan untuk mengingat sesuatu lebih utuh dan detail, meningkatkan kemampuan manajemen informasi, konsentrasi, imajinasi dan memori serta mengasah kreativitas dalam bekerja.
Kegiatan Distance Learning : “Mind Mapping” akan diisi oleh Fasilitator dari PPM Manajemen yang telah memiliki pengalaman dan kompetensi dalam pengembangan eksekutif. Dalam kegiatan ini seluruh peserta akan mendapatkan materi yaitu :
1. The Importance of Mind Map
2. Teknik membuat Mind Map
3. Basic Ordering Ideas

Pelatihan ini akan menggabungkan Sesi Asynchronous Mandiri, dimana peserta melakukan pembelajaran mandiri melalui video dan modul serta pretest/posttest yang diakses pada LMS PPM Manajemen dan Sesi Synchronous Fasilitasi, yaitu live class paparan narasumber serta sesi tanya jawab dengan narasumber dengan media live conference.

Kegiatan Distance Learning ini akan dilaksanakan mulai Tanggal 29 September 2020 sd 15 Oktober 2020 dan diikuti oleh peserta sebanyak 42 orang dari Kementerian ESDM dengan rincian sebagai berikut :
1. Sekjen KESDM : 7 orang
2. Ditjen EBTKE : 2 orang
3. Ditjen Gatrik : 3 orang
4. Ditjen Migas : 4 orang
5. Ditjen Minerba : 3 orang
6. Badan Geologi : 8 orang
7. Badan Litbang ESDM : 3 orang
8. BPSDM ESDM : 9 orang
9. BPH Migas : 1 orang