KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



Belajar System Thinking untuk Menjadi Pembuat Keputusan yang Andal

  • Senin, 16 Agustus 2021
top news image


Sekitar 24 PNS dari berbagai unit di Kementerian ESDM bergabung dalam kelas “System Thinking Dalam Pengambilan Keputusan” yang digelar oleh PPSDM Aparatur secara daring mulai tanggal 12-19 Agustus 2021.  Dua puluh empat ASN tersebut terlibat aktif dalam pelatihan yang digelar melalui aplikasi e-Learning SMILE PPSDM Aparatur dan Zoom Meeting.


“Pada dasarnya system thinking adalah kemampuan atau pendekatan yang melihat bagaimana sistem organisasi berinteraksi dan saling memengaruhi secara menyeluruh,” terang Koordinator Penyelenggaraan Diklat dan Pengelolaan Sarana Prasarana , Muhamad Adis, dalam sambutannya mewakili Kepala PPSDM Aparatur.


“System thinking dianggap menjadi salah satu kompetensi yang penting untuk dimiliki pemimpin, sebab memungkinkan pemimpin menangani dan memeriksa kompleksitas baik eksternal atau internal organisasi dengan lebih efektif, melihat masalah, serta mengenali dimana perubahan dibutuhkan dan berarti,” lanjutt Muhammad Adis, menjelaskan betapa pentingnya kompetensi ini dimiliki oleh aparat di Kementerian ESDM.


Diharapkan, setelah mengikuti pelatihan ini, peserta mampu mengidentifikasi permasalahan yang ada melalui pendekatan system thinking, serta mendesain kebijakan yang tepat, efektif dan efisien, serta tersedianya ASN KESDM yang memiliki kompetensi dalam merumuskan kebijakan yang tepat, efektif dan efisien menggunakan pendekatan system thinking. 


Sepanjang pelatihan dijalankan, peserta akan mendapatkan bimbingan dari para Widyaiswara PPSDM Aparatur dan juga fasilitator dari Universitas Andalas Padang, Sumatera Barat.


Lainnya

image
PPSDM Aparatur Gelar Pelatihan untuk Fungsional Pustakawan Kementerian ESDM

PPSDM Aparatur Gelar Pelatihan untuk Fungsional Pustakawan Kementerian ESDM

  • Jumat, 24 September 2021
image
PPSDM Aparatur Gelar Distance Learning : “Change Management & Acquisition” Batch II di Pertengahan September 2021

PPSDM Aparatur Gelar Distance Learning : “Change Management & Acquisition” Batch II di Pertengahan September 2021

  • Rabu, 15 September 2021