KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



Pola Pikir Positif Penentu Kesuksesan Anda

  • Rabu, 27 Juli 2022
top news image

Siapa yang tidak kenal putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka?  Pasti hampir setiap orang di negara ini mengenalnya. Ia seorang pengusaha kuliner sukses dan sekarang menjadi Walikota Surakarta. Ia tinggal selama 8 tahun di luar negeri untuk menamatkan sekolahnya dan terbiasa hidup mandiri terpisah dari kedua orang tuanya di Solo.

Melihat sepak terjang dan kesuksesan seorang Gibran menjadi salah satu tokoh penting di negeri ini, penulis ingin mengetahui faktor apa yang membuat Gibran bisa menjadi seorang pengusaha kuliner sukses dan menjadi seorang walikota pada usia yang masih muda.

Setelah mengamati beberapa waktu, penulis berkesimpulan bahwa salah satu faktor kesuksesannya adalah mindset (pola pikir). Pola pikir yang positif bisa merubah kehidupan seseorang dan pikiran yang positif dapat menambah daya juang dan semangat hidup seseorang untuk menggapai cita-citanya.

Pertanyaannya, apakah positive/growth mindset itu dan bagaimana mengembangkannya? Dr. Carol S. Dweck, seorang profesor psikologi dari Stanford University dalam bukunya Mindset: The New Psychology of Success, menjelaskan bahwa growth mindset adalah salah satu kunci untuk meraih kesuksesan.  Pola pikir ini adalah pola pikir positif yang dimiliki seseorang dan beranggapan bahwa kemampuan dan bakatnya dapat terus dikembangkan dan dioptimalkan dengan kerja keras, usaha, waktu dan juga dedikasi tinggi.

Orang-orang dengan pola pikir seperti ini mau terus belajar untuk senantiasa lebih baik dari sebelumnya. Mereka memiliki keyakinan yang kuat akan kemampuan, bakat, dan intelegensianya dalam menghadapi berbagai tantangan hidup dengan penuh percaya diri.

 

Bagaimana Mengembangkan Growth Mindset?

Menurut Dweck, terdapat beberapa cara untuk mengembangkan pola pikir berkembang (growth mindset). Pertama, sadarilah bahwa secara ilmiah tiap pribadi dapat berkembang. Untuk dapat tumbuh berkembang, seseorang harus mendapat tantangan-tantangan baru. Tantangan-tantangan itu akan membuat otak untuk tumbuh dan belajar untuk memecahkan setiap persoalan kehidupan. Percayalah pada diri sendiri bahwa tiap pribadi dapat tumbuh berkemambang dengan maksimal.

Kedua, buang jauh-jauh pikiran fixed mindset, segala pikiran negatif yang menghambat kemajuan pribadi. Katakan pada diri sendiri bahwa “saya sanggup/bisa” bila saya terus berlatih. Pola pikir yang positif akan mendorong pada perbaikan dan perkembangan kemampuan dan bakat seseorang.

Ketiga adalah hargai dan percayalah pada proses untuk menuju kesempurnaan. Kegagalan bukanlah akhir. Berbagai kegagalan itu merupakan langkah awal menuju perbaikan dan kemajuan seseorang. Ikuti tahap-demi tahap untuk menuju perbaikan dan perkembangan yang signifikan.

Yang keempat adalah mintalah umpan balik (feedback). Setiap kita selesai melakukan suatu pekerjaan, cobalah minta umpan balik terkait kualitas pekerjaan dari teman-teman dan kolega anda. Dengan adanya umpan balik, seseorang mengetahui mana yang masih perlu ditingkatkan (perbaikan) dan mana yang sudah bagus.

Keluar dari zona nyaman adalah cara kelima untuk tumbuh berkembang dengan maksimal. Beranilah keluar dari zona nyaman anda dan cobalah hal-hal baru. Ketika dihadapkan dengan berbagai pilihan, tantanglah anda dengan pilihan yang paling sulit agar anda menjadi pribadi yang tangguh dan percaya diri.

Yang terakhir adalah terimalah kegagalan sebagai bagian dari proses menuju keberhasilan. Segala bentuk keberhasilan tentunya akan diawali dengan berbagai hambatan dan kegagalan. Berbagai kegagalan tersebut merupakan proses pembelajaran yang berharga sebagai bahan evaluasi untuk menggapai kesuksesan dan keberhasilan dalam berbagai hal.

Di akhir tulisan, penulis ingin menyampaikan seseorang tidak akan tiba-tiba menjadi orang yang besar dan sukses, akan tetapi orang tersebut telah menjalani berbagai tahapan yang berat, panjang dan melelahkan untuk menggapai kesuksesan. (DA)