KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



Ingin Sukses Berkarier, Kuasai Bahasa Asing

  • Jumat, 22 Juli 2022
top news image

Kemampuan berbicara dalam bahasa asing khususnya bahasa Inggris sebagai bahasa internasional masih merupakan momok menakutkan. Banyak orang Indonesia menganggap bahasa asing khususnya bahasa Inggris adalah bahasa yang sulit dipelajari dan sulit dikuasai. Padahal, menguasai bahasa asing sebagai alat komunikasi sangat diperlukan agar dapat bersaing di era globasi dan pasar besar yang sangat ketat. .

Menurut pengalaman penulis yang kebetulan sedikit menguasai bahasa Inggris, ada beberapa strategi yang dapat dilakukan untuk menguasai keterampilan dalam berbicara dalam bahasa Inggris.

Pertama, cintai dulu bahasa Inggris. Bayangkan dan befikir positif lah terhadap bahasa Inggris dengan berangapan bahwa bahasa tersebut dapat dipelajari dengan mudah, bahasa asing itu mudah dipelajari. Berfikir positif ini akan mendorong seseorang untuk belajar dengan tekun dan semangat menguasai bahasa asing tersebut.

Kedua, mempelajari struktur kalimat bahasa asing secara bertahap. Pelajarilah struktur kalimat yang mudah dulu, baru kemudian mempelajari stuktur kalimat yang kompleks. Dengan mempelajari struktur kalimat secara bertahap, kita sebagai pembelajar dapat memahami penggunaan kaidah-kaidah bahasa asing untuk dapat

Ketiga, kerjakan latihan-latihan struktur bahasa asing tersebut secara bertahap. Kerjakan latihan-latihan yang mudah dulu, lalu kerjakan latihan-latihan struktur yang sulit dan paling sulit. Penguasaan struktur ini sangat membantu dalam menyusun pesan yang efektif dalam bahasa asing.

Keempat yaitu berlatih secara kontinyu cara pelafalan kosa kata dan struktur kalimat secara lisan di depan cermin. Latihlah pelafalan dan struktur kalimat secara terus menerus sampai kita nyaman dan lancar dalam berbicara dalam bahasa asing tersebut. Penguasaan ini sangat penting dilakukan untuk membentuk rasa percaya diri dalam bahasa Inggris.

Yang terakhir adalah dengan mendengarkan siaran-siaran berita dan konten-konten dalam bahasa Inggris. Konten-konten tersebut akan menambah kosa kata, gaya bahasa dan style akan jenis bahasa Inggris yang ingin kita kuasa, American English, British English, Australian English dll.

Penguasaan bahasa Inggris dengan menerapkan 5 tahapan di atas merupakan pengalaman pribadi penulis dalam menguasai bahasa Inggris untuk berkomunikasi dan terbukti efektif. Yakinlah dan berfikir positiflah kita dapat menguasai bahasa asing, khususnya bahasa Inggris dengan mudah.

Selamat mencoba !!

(DA)