KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



Analisis Pemetaan Budaya Organisasi PPSDM Aparatur Menggunakan Organizational Culture Assessment Instrument (OCAI)

  • Rabu, 06 Juni 2018
top news image

Analisis Pemetaan Budaya Organisasi PPSDM Aparatur Menggunakan Organizational Culture Assessment Instrument (OCAI)

 

Hendris Agung Prasojo1, Ganjar Hermadi2

 

Abstrak

 

Organisasi merupakan perkumpulan atau wadah bagi sekelompok individu untuk bekerjasama, terkendali dan terpimpin untuk tujuan tertentu. Hubungan antar individu dalam organisasi tersebut sangat berpengaruh dalam terciptanya budaya organisasi, selain dari aturan dan kepemipmpinan didalamnya. Budaya organisasi yang kondusif akan berpengaruh kepada keberlangsungan dan produktivitas suatu organisasi.

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur (PPSDMA) merupakan satu unit organisasi dibawah Kementerian ESDM (KESDM). Budaya organisasi di PPSDMA yang sudah berjalan mungkin tidak lagi relevan untuk saat ini, sehingga perlu dikaji ulang dan dipetakan lagi untuk mengetahui budaya yang cocok untuk kondisi sekarang.

Metode yang digunakan dalam memetakan budaya organisasi pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini data primer diperoleh dari kuesioner berdasarkan Organizational Culture Assessment Instrument (OCAI). Dalam OCAI budaya dibagi menjadi empat tipe, yaitu budaya clan (kekeluargaan), budaya adhocracy (kreatif), budaya market (persaingan), dan budaya hierarchy (pengendalian). Kuesioner dibagikan kepada pegawai PPSDMA, untuk menilai kondisi budaya organisasi yang dirasakan saat ini dan budaya organisasi yang diharapkan.

PPSDMA sebagai organisasi pemerintah tentu saja memiliki tugas dan fungsi yang jelas dalam mensukseskan visi dan misi KESDM, sehingga budaya hierarchy pasti sangat kental didalamnya. Dengan adanya analisis tentang pemetaan budaya organisasi dengan metode OCAI ini, diharapkan bisa dilihat kondisi keempat tipe budaya organisasi PPSDMA saat ini dan tipe budaya organisasi yang cocok sesuai harapan pegawai ke depannya.  

  

Kata Kunci: Pemetaan budaya organisasi, Organisasi Culture Assessment Instrument.

 

 

1)        Widyaiswara Madya PPSDM Aparatur

2)        Widyaiswara Pertama PPSDM Aparatur